Hallobogor.com, Bogor – Pengembangan kerja sama dalam bidang “medical science” sedang digagas antara Institut Pertanian Bogor dengan Universitas Saga, Jepang.

“Karena IPB memiliki Fakultas Kedokteran Hewan sedangkan Saga University memiliki Fakultas Kedokteran,” kata Rektor IPB, Dr Arif Satria dalam penjelasan melalui Humas IPB di Bogor, Kamis (21/2/2019).

Menurut dia, kerja sama di bidang “medical science” itu memungkinkan IPB dengan Universitas Saga semakin memperkuat kerja sama kedua pihak.



Pada Jumat (15/2/2019) pekan lalu, Arif Satria dengan Rektor Universitas Saga, Prof Kohji Miyazaki, di Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menandatangani kontrak kerja sama.

Penguatan kerja sama kali ini lebih difokuskan pada kerja sama di bidang akademik.

Disebutkan bahwa beberapa kesepakatan yang dibahas antara lain adalah pertukaran pengajar, pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, publikasi, dan simposium.

Sehubungan dengan program pertukaran mahasiswa, dalam kesempatan itu dilaksanakan sesi diskusi yang diisi langsung oleh International Coordination, Center for Promotion of International Exchange, Saga University Kanami Yamada, dan Officer at International Affairs Division, Academic Research Cooperation, Saga University, Daisuke Izumo.

Dalam diskusi tersebut dijelaskan mengenai program-program internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Saga, di antaranya pertukaran mahasiswa dan peneliti, serta pendaftaran program pascasarjana, baik untuk program master (S2) maupun program doktor (S3).

Menanggapi penguatan kerja sama yang fokus pada bidang akademik dengan Universitas Saga itu, Rektor IPB arif Satria menyambut dengan baik.

“Terutama dalam bidang pertukaran mahasiswa dan pengadaan program ‘double degree’ antara IPB dengan Universitas Saga,” katanya, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (and)