Hallobogor.com, Ciawi – Persoalan sampah masih terus mengancam. Volume sampah yang terus bertambah dikuatirkan menjadi penyebab bencana bagi masyarakat maupun lingkungan. Penumpukan sampah ini masih terlihat di beberapa titik bibir jalan di wilayah Kecamatan Ciawi. Salah satunya di Kampung Pondok Menteng, Desa Cileungsi.

“Terus menumpuknya sampah setiap hari akibat kurangnya kesadaran warga dalam memelihara lingkungan. Banyak yang tak memikirkan akibat yang akan terjadi. Saya jadi heran juga, tumpukan sampah itu bersebelahan dengan Puskesmas, dari pihak desa maupun dinas kebersihan juga seolah tak menghiraukan,” kata warga setempat, Beri.

Kepala Desa Cileungsi, Baban Subandi, seolah menyerah dengan keadaan. “Serba salah. Saya sudah menghimbau kepada para warga, namun pemilik tanahnya saja membiarkan orang buang sampah di situ. Tadinya itu tebingan bekas longsor belasan tahun yang lalu,” ungkapnya. Demikian, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Sementara Kepala UPT Kebersihan Wilayah Ciawi, Yudi Prayudi, mengatakan, pihaknya sudah tiga kali melaksanakan operasi bersih tumpukan sampah di Cileungsi itu. “Saya bersama para petugas sudah tiga kali lakukan opsih. Pertama terangkut 13 truk, kedua 5 truk, ketiga 7 truk. Pihak desa belum pernah mengajukan Tempat Penampungan Sampah (TPS). Padahal kami siap melayani kalau memang ada pengajuan, tapi ini kan pihak desa belum pernah membikin pengajuan ke pihak kami,” paparnya.(wan)