Hallobogor.com, Bogor – Musim tahapan verifikasi partai politik (parpol) menjelang Pemilu baik Pilkada 2018 maupun Pileg dan Pilpres tahun 2019 sudah berjalan. Dari sekian parpol yang ada di Kota Bogor, kepengurusan DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) adalah yang paling pertama mendaftarkan diri ke KPU Kota Bogor dan menyerahkan berkas dokumen kepengurusan.

Ketua DPD Partai Perindo Kota Bogor, Yane Oktavia, merasa yakin partainya akan lolos verifikasi dan optimistis menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang. 

“Hari ini merupakan hari bersejarah untuk partai Perindo karena semua KPU kabupaten/kota secara serempak melakukan pendaftaran dan saya yakin Partai Perindo bisa lolos,” kata Yane usai menyerahkan dokumen berkas persyaratan pendaftaran peserta Pemilu 2019 di KPU Kota Bogor, Jalan Bulldozer, Bogor Timur, Senin (9/10/2017).

Yane menjelaskan, pihaknya membawa kelengkapan berkas 98% yang sudah lengkap. Sisanya hanya kekurangan 37 KTP. Sesuai Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), Partai Perindo Kota Bogor membutuhkan 1.491 lembar KTP. 

“Kekurangannya akan kami selesaikan pada hari ini juga hingga pukul 16.00 WIB, karena kami banyak stok lebih. Yang pasti hari ini juga akan kami selesaikan,” ujarnya hari itu.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna, mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran parpol peserta pemilu pada 3 Oktober 2017, hingga saat ini baru Partai Perindo yang datang untuk melengkapi berkas.

“Kita ketahui memang Partai Perindo agendanya serentak mendatangi KPU untuk menyampaikan dokumen bukti keanggotaan parpol. Kita tadi mencocokkan dulu jumlah antara yang tercantum di Silon dengan daftar yang dibawa oleh parpol bersangkutan,” ungkapnya.

Undang menegaskan, hasil pengecekan berkas sementara sebagian berkas Perindo dikembalikan karena masih ada yang belum lengkap. “Tapi kalau dari jumlah keanggotaan jumlahnya persis sudah sama dengan yang di Sipol. Hanya bukti fisik KTA dan KTP yang masih ada kekurangan, menurut pihak Perindo hari ini akan dilengkapi,”  pungkasnya. (dns)