Hallobogor.com, Bogor – Grand Launching “Kencleng Seribu Sehari” mewarnai acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H di Masjid Al-Ishlah Nuansa Asri Laladon, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Selasa (20/11/2018).

Gerakan Kencleng Seribu Sehari ini merupakan salah satu upaya pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ishlah dalam rangka memotivasi jamaah untuk senantiasa bersyukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Alloh SWT melalui sedekah. Selain itu, sekaligus juga menjadi pemasukan untuk kas DKM.

Sebelumnya, dilakukan penyerahan santunan berupa uang kepada 93 mustahiq oleh Komunitas Jumat Berkah (KJB) Masjid Al-Ishlah. Komunitas yang terbentuk pada tahun 2016 ini, berawal dari silaturahmi kaum ibu pada tiap hari Jumat. Di mana pada hari itu, para anggota komunitas melebihkan porsi masaknya.



“Biasanya memasak satu liter beras, pada hari Jumat kami lebihkan menjadi dua liter beras. Ada juga yang membawa sayur dan lauk-pauk. Sementara, bagi para ibu yang bekerja dan tidak sempat masak, biasanya mereka akan membelikan air minum, plastik atau kertas nasi. Dari yang sedikit ini kemudian menjadi banyak. Selanjutnya kami bagikan kepada warga sekitar. Alhamdulillah, hal ini telah menjadi pengikat silaturahmi warga komplek dengan warga sekitar,” ujar Koordinator Jumat Berkah, Henny Hardiani, yang diamini Hj. Elly Jhoni, selaku penggagas Jumat Berkah.

Peringatan Maulid Nabi pada tahun ini menghadirkan penceramah Dr. KH. Ade Sarmili, M.Si yang juga sebagai Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor. Dalam ceramahnya, ia mengajak jamaah yang hadir untuk mengikuti akhlak Rosululloh SAW sebagai pedoman dalam berperilaku sehari-hari. Salah satunya ia menyebut bagaimana seharusnya sikap suami dan isteri dalam rumah tangga sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rosulullah SAW.

Ketua DKM Al-Ishlah, Muhamad Soleh, menyambut gembira kegiatan peringatan hari besar Islam yang berlangsung dengan meriah dan dihadiri banyak jamaah. Kemeriahan itu di antaranya adalah dengan penampilan perdana Tim Rebana Asma Nuansa, dan penampilan santri-santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) Al-Ishlah di bawah pimpinan Ustad Saeful Anwar. “Alhamdulillah, ini semua berkat dukungan dan partisipasi warga Nuansa,” imbuh Ketua Panitia, Eko Prianto.

Tampak hadir dalam kesempatan ini Ketua RT 01 RW 11, Joko Pamungkas, serta ratusan jamaah dari Perumahan Nuansa dan kampung sekitar. (kontributor: Nunung Munawaroh)