Hallobogor.com, Bogor – Pergerakan Mahasiswa Bogor (PMB) tak ingin ketinggalan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2019. Kali ini, PMB melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan dengan tema “A Thousand Books On The Streets For Smart People”.

Kegiatan yang dipusatkan di Taman Ekspresi Lapang Sempur ini, PMB menggandeng Dinas Pendidikan Kota Bogor, Komunitas Perjal, UKM Kampus Pakuan, dan masyarakat putus sekolah. Acara ini juga dihadiri Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang sekaligus menjadi inspektur upacara peringatan Hardiknas yang digelar PMB.

Peringatan Hardiknas yang dihelat PMB ini antara lain diisi dengan pameran perpustakaan jalanan, perlombaan literasi baca, lomba literasi artikel, serta sosialisasi kepada masyarakat agar meningkatkan minat baca serta mendorong generasi bangsa dan komunitas edukasi di Kota Bogor untuk lebih eksis dalam menjalankan kegiatan untuk mencerdaskan masyarakat.

“Tujuan kami menyelenggarakan event di Hardiknas ini, yakni untuk mengenalkan kepada masyarakat Kota Bogor bahwa komunitas literasi dan edukasi ini sangat penting untuk dikembangkan demi kecerdasannya masyarakat dan para generasi muda Kota Bogor. Kami juga berharap agar Pemkot Kota Bogor memberikan ruang kepada para komunitas literasi dan edukasi di agar bisa berekspresi untuk kemajuan pendidikan di Kota Bogor sendiri,” kata Ketua PMB, Moch. Aldi.

Moch. Aldi mengatakan, target ke depan PMB adalah mendorong Dinas Pendidikan Kota Bogor Untuk melawan angka putus sekolah, karena hasil data PMB di lapangan angka putus sekolah di Kota Bogor sebesar 5.474 orang. “Ini adalah PR bagi kita semua dan harus segera diatasi. Kami berharap agar semua masyarakat kota Bogor yang putus sekolah bisa merasakan pendidikan yang layak,” pungkasnya. (cep)