Hallobogor.com, Cibinong – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat peduli lingkungan dan memperingati Hari Bumi tahun 2016, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor membersihkan Sungai Ciliwung dari material sampah yang dapat menyebabkan bencana banjir, Sabtu (23/4/2016).
 
Wakil Ketua PMI Kabupaten Bogor, Jenal Safrudin, menuturkan, kegiatan aksi bersih ini dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga, memelihara alam dan lingkungan dengan baik, serta mengampanyekan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.
 
“Ini kami istilahkan Ruat Bumi, artinya merawat bumi dari berbagai kekotoran seperti sampah, kenalan remaja, korupsi, narkoba, untuk kepentingan kita bersama. Kami terjunkan 500 orang relawan dalam kegiatan bersih-bersih Sungai Ciliwung ini,” tutur Jenal, seperti dikutip Halloapakabar.com.
 
Dijelaskannya, selain bersih-bersih Sungai Ciliwung pihaknya juga menanam 200 ribu benih ikan di Sungai Ciliwung, menanam ribuan pohon di bantaran sungai, dan membuat lubang biopori serta menyortir sampah-sampah untuk dijadikan kompos.
 
“Kami susuri Sungai Ciliwung mulai dari hulu sungai di Karadenan Kecamatan Cibinong dan finish di Unit Pengelolaan Sampah Sukahati Kecamatan Cibinong. Bertepatan dengan Hari Bumi ini, kami juga kampanyekan aksi tanggap bencana. Harapan kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk lingkungan dan masyarakat Kabupaten Bogor,” paparnya.
 
Sementara itu, Wakil Ketua PMI Jabar, Rukanda, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI Kabupaten Bogor. Kegiatan aksi nyata ini menjadi langkah nyata untuk mengurangi risiko bencana dan perubahan iklim akibat global warming dan berkurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.
 
“Kami berharap aksi bersih dan pelestarian lingkungan ini bisa menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga alam. Serta masyarakat mampu mengelola sampah dengan baik dan tidak membuang sampah sembarangan khususnya ke bantaran sungai yang dapat menimbulkan bencana besar, banjir dan lainnya,” jelasnya
 
Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Saftariani, menegaskan, ini merupakan kerja sama yang sangat baik antara Pemkab Bogor, masyarakat, dan para relawan untuk menyelamatkan bumi. Ia juga berharap kegiatan tersebut bisa menjadi motivator dalam menyebarkan virus positif terhadap daerah lain.
 
“Kami dukung besar aksi bersih-bersih ini, karena sampah bisa jadi bencana bila tidak dikelola dengan baik, dan sampah ini adalah musuh kita. Untuk itu himbau ke seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke bantaran kali dan bisa mengendalikan sampah dengan optimal. Alam ini harus kita jaga karena manfaatnya sangat besar bagi manusia,” imbuhnya.
 
Dalam kegiatan tersebut dihadiri Muspika Cibinong, Camat Cibinong, Kapolsek Cibinong, Danramil Cibinong dan lainnya. (eco).