Hallobogor.com, Bogor – Danone-AQUA bersama Tokopedia mengembangkan kerja sama dengan cara menjual produk secara online sekaligus untuk memberdayakan ibu rumah tangga Indonesia sebagai distributornya. Hal ini bertujuan untuk mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik perempuan, khususnya ibu rumah tangga.

Penjualan produk ini sekaligus untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian produk Danone-AQUA melalui pemesanan langsung yang dapat dilakukan melalui aplikasi ataupun website Tokopedia. Pemesanan ini akan langsung didistribusikan oleh AQUA Home Service (AHS) yang terdekat dari lokasi pemesan. 

Bertepatan dengan Hari Kartini ini, Danone-AQUA dan Tokopedia sekaligus mengundang ibu-ibu rumah tangga di Indonesia untuk bergabung menjadi AHS. Bagi ibu-ibu rumah tangga yang berminat untuk bergabung menjadi AHS dapat mendaftarkan dirinya melalui layanan call center AQUA Menyapa di nomor 08001588888.

Danone-AQUA menginisiasi program AHS sejak tahun 2008 dengan tujuan mendekatkan produk langsung dengan pelanggan untuk segmen keluarga melalui pemberdayaan ibu rumah tangga. Program ini sekaligus bertujuan agar para ibu rumah tangga tersebut dapat mengembangkan bisnis dari rumah dan membantu menyokong pendapatan keluarga tanpa harus meninggalkan rumah dan keluarganya. Saat ini telah ada 7.000 anggota AHS  yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera.

Misi ini juga sejalan dengan Tokopedia yang berkomitmen untuk mengembangkan sektor UMKM di Indonesia. 

“Lewat misi pemerataan ekonomi secara digital, Tokopedia selalu berusaha meruntuhkan tembok-tembok penghalang bagi siapapun di manapun mereka berada untuk memulai bisnis secara online. Tokopedia berharap edukasi dan fasilitasi berbisnis online yang dihadirkan melalui kemitraan dengan Danone-AQUA dapat mendorong lebih banyak lagi perempuan-perempuan Indonesia untuk berani memulai dan mengembangkan usaha sendiri. Ibu-ibu rumah tangga tersebut akan dapat mengontrol usahanya secara online dengan tetap menjalankan perannya sebagai Ibu di rumah,” jelas COO Tokopedia, Melissa Siska Juminto, dalam rilisnya.

“Di Tokopedia, kami mendapatkan kesempatan untuk bertemu banyak sekali pengusaha UMKM dengan ide bisnis serta produk yang bagus. Sebanyak 70% penjual di Tokopedia pun merupakan pengusaha baru, termasuk ibu rumah tangga yang biasanya memulai bisnisnya di rumah. Agar usaha mereka dapat terus maju dan berkontribusi lebih signifikan terhadap kesejahteraan keluarga dan perekonomian Indonesia, kita perlu meningkatkan iklim usaha bagi perempuan, baik dari sisi online maupun offline,” jelas Melissa.

Vice President Sales Strategy and Planning Danone-AQUA, Bruce Zeng, mengatakan, kerja sama dengan Tokopedia ini tidak hanya melahirkan bisnis pemasaran produk melalui aplikasi online, tetapi sekaligus sebagai perwujudan misi dari kedua belah pihak.

“Kami sangat senang bahwa Tokopedia memiliki misi yang sama tidak hanya dari sisi bisnis, tetapi untuk pengembangan masyarakat melalui peningkatan UMKM dan pemberdayaan perempuan. Kerja sama ini sekaligus dapat membantu ibu-ibu yang tergabung dalam AHS agar mereka bisa menambah konsumen sehingga bisnis mereka dapat berkembang dengan baik,” ujar Bruce. 

Sejak dijalankannya program kolaborasi ini, kurang lebih 400 anggota AHS di Jakarta sudah terkoneksi dengan Tokopedia. Danone-AQUA dan Tokopedia menargetkan angka tersebut akan terus meningkat hingga 3.000 anggota AHS dan cakupan area yang lebih luas meliputi Jabodetabek di akhir tahun 2018 ini.  Pemesanan produk Danone-AQUA dapat dibeli melalui AQUA Official Store, baik lewat aplikasi maupun website Tokopedia.  

Data International Finance Corporation pada Maret 2016 menyebutkan, 51% dari Usaha Kecil dan 34% dari Usaha Menengah dimiliki oleh perempuan. Secara total, UKM yang dimiliki perempuan menyumbang 9,1% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia, namun pengusaha perempuan masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan bisnisnya, seperti kurang percaya akan diri sendiri, kesulitan menemukan pelanggan, kurangnya akses ke informasi dan edukasi, serta keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga. (cep)