Hallobogor.com, Bogor – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, PT Aqua Golden Mississippi Plant Citeureup melaksanakan serangkaian kegiatan. Rangkaian kegiatan yang menitikberatkan pada aksi pelestarian lingkungan ini dipusatkan di area Setu Momonot, Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Kamis (21/2/2019).

Kegiatan yang dilakukan tersebut antara lain aksi membersihkan sampah di Setu Momonot, bersih-bersih sungai, kunjungan ke Bank Sampah Masker, dan aksi penanaman pohon.

Kegiatan yang bertemakan “Sayangi Bumi Bersihkan Sampah” ini, juga hasil kolaborasi Aqua Citeureup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Muspika Gunung Putri, Pemerintah Desa Tlajung Udik, Pemdes Cikeas, Pemdes Cicadas, Kampung Ramah Lingkungan (KRL) se-Kecamatan Gunung Putri, Karang Taruna Tlajung Udik, Polsek Gunung Putri, Satuan Polisi Pamong Praja Gunung Putri, Paguyuban Perusahaan Gunung Putri, RT dan RW Desa Tlajung Udik, dan masyarakat sekitar Setu Momonot.



Masyarakat, unsur pemerintahan, maupun manajemen dan duta CSR Aqua yang hadir nampak bersemangat membersihkan sampah di Setu Momonot maupun di sepanjang sungai. Mereka pun bisa mendapatkan edukasi penanganan dan pemanfaatan sampah yang dilakukan oleh beberapa KRL di antaranya KRL Nanas Gunung Putri dan KRL Melati Cikeas.

“Semoga Desa Tlajung Udik dapat terus konsisten menjaga Setu sehingga tidak tercemar dari sampah,” kata Ibu Muji dari DLH Kabupaten Bogor.

Hal senada dikemukakan Sekretaris Camat Gunung Putri, Haris. “Semoga dari kegiatan ini menjadi awal niat baik warga untuk menjaga dan peduli terhadap lingkungannya sendiri,” harapnya didampingi Kepala Desa Tlajung Udik Ujang Bukhori.

Sementara itu, SR Manager Aqua Citeureup, Ilyas Sudarso, mengatakan, setu adalah aset yang sangat berharga baik bagi masyarakat. “Oleh karenanya harus dijaga dan dirawat oleh kita semua terutama oleh pemerintahan dan warga sekitar Setu Momonot Desa Tlajung Udik,” ujarnya.

Ketua KRL Masker, Albert U Apin, menambahkan, pihaknya mengucapkan terimakasihnya kepada pihak Aqua yang telah konsisten melaksanakan tanggung jawab sosialnya terhadap lingkungan sekitar. “Mudah-mudahan bermanfaat dan terus berkesinambungan,” imbuhnya. (cep)