Hallobogor.com, Bogor – Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bogor telah memiliki koperasi yang diberi nama ‘Sahabat Biru’. Peluncuran koperasi berlangsung di sekretariat DPD PAN Kota Bogor, Jalan Merdeka, Kota Bogor, Minggu (3/7/2016) sore.

Ketua DPD PAN Kota Bogor Safrudin AR. Bima menjelaskan, dibentuknya koperasi yang bergerak di bidang serba usaha dan simpan pinjam ini untuk meningkatkan kesejahteraan dalam hal penguatan ekonomi baik internal PAN maupun masyarakat luas.

“Koperasi ini dibentuk paling tidak bisa menguatkan ekonomi konstituen juga,” ujar Safrudin, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Sementara ini mengawali peluncuran, anggota koperasi Sahabat Biru melibatkan para pengurus DPD, DPC hingga ke rating. Setelah itu kedepannya akan melibatkan partisipasi masyarakat luas.

“Secara internal kita sudah mengeluarkan keputusan untuk koperasi ini, dan tinggal menjalankan pembahasan aturannya,” imbuh Safrudin.

“Alasan dibentuknya koperasi juga karena adanya partisipasi para pengurus PAN”.

Dalam kesempatan ini, politisi partai berlambang matahari ini mengaku tengah gencar melakukan konsolidasi untuk memanaskan mesin partai. Hal itu dilakukan dalam menghadapi pemilukada akan datang.

“Karena setelah masuk wilayah pertarungan, konsolidasi internal menurut saya sudah tidak ada. Konsolidasi itu lebih keluar dengan komunikasi antar partai politik, penguatan jaringan dan komunikasi non politik,” paparnya.

PAN sendiri, ujar Safrudin, siap berkoalisi dengan partai politik manapun. Hanya saja memang saat ini, lanjut ia, tengah santer pada Pemilukada periode mendatang PAN berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

“Saya belum ada pembicaraan resmi dengan Ketua PDI Perjuangan tetapi saya tidak menutup kemungkinan akan membuka diri dengan partai politik lain,” tandasnya.

Peluncuran koperasi sekaligus acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim dan dhuafa ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto, Ketua DPW PAN Jawa Barat Edi Darnadi, Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna dan pengurus DPD serta kader PAN Kota Bogor.

Terlihat hadir pula para petinggi partai politik Kota Bogor dari PDI Perjuangan, PKS, Demokrat, Golkar dan Nasdem. (hrs).