Hallobogor.com, Bogor – Menjelang 14 hari raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M,  Komando Resort Militer 061/Suryakancana (Korem 061/SK) mengadakan buka puasa bersama dengan sejumlah unsur, tokoh dan kalangan dari berbagai agama yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor. Acara digelar pada Kamis (31/5/2018) di Makorem 061/Sk Jalan Merdeka No.64 Kota Bogor.

Acara Bukber lintas agama ini digelar dalam rangka memperkuat silaturahmi antarpemeluk agama dalam menumbuhkan rasa kasih sayang, persaudaraan, dan saling percaya terhadap sesama umat beragama. Acara bertema “Dengan Semangat dan Hikmah Bulan Ramadhan Kita Perkuat Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah dalam Kesatuan dan Kebhinekaan Bangsa Indonesia”.

Danrem 061/SK Kolonel Inf. Muhamad Hasan mengajak seluruh lapisan masyarakat Bogor bisa menjadikan momentum buka puasa bersama ini untuk lebih mempererat serta menjaga tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini. Tidak hanya bagi persaudaraan umat Islam (ukhuwah islamiyah), tapi juga bagi persaudaraan bangsa (ukhuwah wathaniyah), dan persaudaraan umat manusia (ukhuwah basyariyah). 

Danrem 061/SK juga menyampaikan, ibadah puasa di bulan suci Ramadhan merupakan dimensi pokok dalam melatih serta membentuk pribadi seseorang untuk bersikap jujur, disiplin, patuh dan taat, dermawan serta peduli terhadap sesama terlebih pada anak-anak yatim.

“Kegiatan ini merupakan upaya menyatukan jiwa dan kekuatan umat beragama, karena pada dasarnya persatuan yang kokoh dibangun diatas ta’liful qulub (bersatunya hati/jiwa). Dimana, bersatunya hati/jiwa dibangun oleh interaksi jiwa-jiwa yang bersih dan suci, jiwa yang tak bermotif, jiwa yang menghamba, jiwa yang taat dan jiwa yang mengharap keridhoan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa semata,” ucap Kolinel Inf. Muhamad Hasan.

Pada akhir sambutannya, di hadapan tamu undangan dan sejumlah pemuka agama, Danrem 061/SK berharap dengan adanya kegiatan buka puasa bersama ini, dapat lebih meningkatkan dan mempererat persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan sebagai bangsa Indonesia. 

Rangkaian kegiatan buka puasa bersama diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ketua MUI Kota Bogor KH. Totok Mustofa. Selanjutnya kegiatan pemberian santunan kepada 100 anak yatim. (Penrem 061/SK). (dns)