Hallobogor.com, Bogor – Untuk meningkatkan serta mempermudah pelayanan pembuatan akta lahir dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat Kota Bogor, kini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada awal 2016 akan melakukan terobosan baru dengan melakukan pelayanan di kantor kecamatan dan sejumlah mall yang ada di Kota Bogor.

“Dengan adanya pelayanan ini, nantinya masyarakat tidak usah repot lagi datang ke kantor Disdukcapil, dan tidak harus mengantri. Masyarakat tinggal datang ke kecamatan dan mall,” ujar Kepala Seksi (Kasie) Pengendalian Penduduk Disdukcapil Kota Bogor Somia Kuas, Kamis (17/12). Demikian, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Somia mengatakan, selain tersedia di kantor kecamataan dan mall, pelayanan sendiri akan dibuka di setiap kegiatan. Menurutnya, pelayanan dilakukan karena adanya keluhan dari masyarakat. Oleh kareannya, untuk meningkatkan pelayanan maksimal Disdukcpil memberikan pelayanan di kecamatan dan mall.

Lebih lanjut diakui Somia, masyarakat Kota Bogor masih banyak yang belum memiliki KK dan KTP. Terlebih yang paling banyak yaitu Ibu Rumah Tangga (IRT) status janda yang ditinggal suaminya yang sudah tiada (meninggal.red).

Sementara Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman menyampaikan, pelayanan administrasi kependudukan pada 2016 mendatang harus jauh lebih baik dari tahun ini. Maka itu, Ia mendorong Disdukcapil untuk menghapus prasangka buruk yang menyatakan jika mengurus KTP dan KK antri dan lama.

“Banyak juga masyarakat yang bilang kalau bikin apa-apa di Disdukcapil harus bayar. Nah, Disdukcapil harus mengubah paradigma itu,” tandasnya. (dan)