Hallobogor.com, Jakarta – The Brandals atau sekarang lebih dikenal dengan nama barunya BRNDLS kembali kedalam panggung musik tanah air setelah sekian lama vakum dari industri musik. Penampilan terakhirnya yaitu 25 Oktober 2014 di Festival Java SoundsFair.

Sebelum memutuskan untuk vakum, BRNDLS sempat tampil pada acara bulanan, Tabik! Pada minggu 7 agustus 2016 lalu dan pada kesempatan itu Jurnalis Hallo Media Network (HMN) Yaser Ali berbincang langsung dengan sang Vokalis, Eka Annash.

Eka Annash menceritakan tentang The Brandals yang akhirnya kembali aktif bermusik semenjak vakum dan paska ditinggal sang Drummer (Alm. Rully Annash). Berikut isi wawancaranya.

HMN : Apa Alasan The Brandals/BRNDLS kembali ke industri musik?

EKA : Sebelumnya Kita mau cerita kenapa The Brandals berhenti/vakum dulu, Karna alasan utama tentang kepribadi masing-masing personel. Entah itu keluarga, Karir daily job diluar musik, terutama beberapa personil The Brandals ada yang baru lahiran/mempunyai anak.

Dan mungkin sudah masuk kedalam fase jenuh, dan akhirnya memutuskan untuk berhenti dulu deh. Menjelang beberapa tahun kita mulai kontek-kontekan lagi terutama waktu itu setelah lebaran tahun 2015 Kita mulai kumpul lagi buat cari chemistry nya, saat itu Alm Rully masih ada. Dan malam dimana Kita harusnya latihan pertama, itu malam dimana Rully meninggal. Akhirnya Kita agak bingung mau diterusin lagi atau engga.

Akhirnya walaupun Rully udah gak ada Kita mutusin buat nerusin, dan kebetulan waktu itu ada tawaran dari salah satu kerabat untuk mengisi acara panggung reuni, tapi gak jadi. Karna Kita udah terlanjur latihan dan bersiap-siap ya Kita terusin aja walaupun gak ada agenda apapun sampai akhirnya pada bulan Mei kemarin ditawarin juga sama temen (Satria Ramadhan, Manager SORE) untuk main diacara Tabik! Tapi Kita minta ke Dia namanya jangan dipublish dulu, Karna rencananya gak mau pake nama The Brandals dulu namun akhirnya itu jadi moment Kita (The Brandals) kembali.

HMN : Lumayan panjang dan banyak pertimbangan ya?

EKA : Pertimbangan sih engga, Cuma Kita mau memastikan kalo The Brandals mau balik lagi atau engga. Karna Kita gak mau balik lagi Cuma mau manggung-manggung doang, Kalopun balik tuh harus ada materi baru, sesuatu untuk ditawarinlah.

HMN : Misi The Brandals apa?

EKA : Ya untuk rilis album baru aja, manggung, ya membiasakan diri lagi. Kemarin ibarat seperti petinju yang udah lama gak naik ring. Secara terakhir ngeluarin album DGNR8 udah lama banget sekitar tahun 2011.

HMN : Apa ada perubahan musik pada The Brandals?

EKA : Perubahan musik pasti ada, personilnya aja berubah. Biar lebih excited dan menarik aja

HMN : Siapa yang berinisiatif untuk memulai aktif kembali di The Brandals?

EKA : Terus terang sebenarnya kemarin tuh dari gue tetapi konsultasi juga sama anak-anak (personil The Brandals), mulai dari break dulu kasih nafas trus nungguin anak-anaknya (PM dan Radith) pada gede dulu biar bisa dilepas baru kumpul lagi. Jadi kalo inisiatif pertama dari gue tapi Kita diskusiin jadi keputusan rame-rame akhirnya.

HMN : Rencana album baru The Brandals dan sudah sejauh mana?

EKA : Ada, Insya Allah tahun depan. baru proses empat lagu.

HMN : Untuk posisi drum, apa ada player tetap atau additional di The Brandals nanti?

EKA : Untuk sekarang sih masih dibantu Firman. Terlebih dia udah jadi player tetap di dua band menggantikan Alm. Rully tapi kalo di The Brandals masih Additional, kita masih berempat dulu lah. Karna mengisi posisi Alm. Rully itu gak gampang kan?

HMN : Gimana cara The Brandals untuk nunjukkin taring lagi di industri musik, Apa sesuatu yang baru untuk ditawarkan?

EKA : Pasti ada yang baru, Yang jelas nanti musiknya gak akan sama dengan yang lain. Itu aja sih, yang penting musiknya dulu harus fresh, harus baru, Kitanya harus enjoy dulu sama lagunya.

HMN : Semenjak The Brandals vakum, sibuk dengan side projectnya, lalu saat The Brandals aktif kembali apa akan merasa kesulitan?

EKA : Side Project jalan terus. Bukan berati The Brandals jalan lalu side projectnya berhenti. Selama gue masih beraktifitas dan bernafas gue akan terus bermusik.

HMN : Harapan untuk The Brandals kedepan?

EKA : Ya semoga lancar, bisa bermusik lagi, jalan terus dan gak banyak cobaan dan musibah lagi. (***)