Hallobogor.com, Caringin – Kendati musim kemarau panjang, petani di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, berhasil membudidayakan tanaman padi dengan baik. Pada Selasa (22/09) petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Jaya 2 ini melaksanakan panen raya.

Panen raya tersebut dihadiri Komandan Distrik Militer (Dandim) 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Czi Dwi Bima; Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Nuryanti; Kepala Bulog Sub Divre III, Agus Hermawan; Sekretaris Camat Caringin, Kapolsek Caringin, Danramil, Kepala Desa Pancawati H Iqbal Jayadi, ketua OKP, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Acara panen raya dengan tema “Bersama Mewujudkan Swasembada Pangan” ini, sekaligus dirangkaikan dengan pembukaan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT).



Keberhasilan para petani Poktan Jaya 2 ini bagian dari penerapan Gerakan Peningkatan Program Padi Berbasis Masyarakat Tahun 2015 oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP5K) Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Czi Dwi Bima mengatakan, saat ini negara Indonesia sedang diambang krisis pangan. “Untuk Kabupaten Bogor sendiri masih aman, tapi secara nasional target kebutuhan beras 2 juta ton sampai dengan akhir 2015, sampai dengan September ini baru mencapai 1,4 juta ton atau baru mencukupi 57 persen dari kebutuhan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah harus terus mencegah kran impor beras dari Vietnam dan Thailand agar tak mematikan petani.

Sementara itu, Kepala Desa H. Iqbal Jayadi, berharap kepada pemerintah untuk terus membantu para petani baik dari sisi perbaikan infrastruktur maupun kebijakan.

“Kalau sumber daya alam seperti sumber air di wilayah Pancawati saat ini cukup memadai untuk pertanian, akan tetapi masih memerlukan bantuan perbaikan akses jalan agar distribusi hasil pertanian lancar.

Selain itu, pemerintah juga perlu menaikkan harga pembelian padi petani sebab saat ini Bulog menghargai gabah kering giling Rp4.500 per kilogram,” katanya.(cep/wan)