Hallobogor.com, Ciawi – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Jawa Barat berhasil menangani keluhan warga Ciawi Kabupaten Bogor, Sabrina (13) yang datang melapor karena kesulitan melepaskan cincin di jari tengah tangan kanannya, pada Rabu (13/11/2019) siang.

“Yang bersangkutan langsung datang ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, setelah dirujuk dari pihak Puskesmas untuk meminta pertolongan ke petugas piket,” ujar Kepala Sektor Ciawi Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Nedri di Bogor.

Menurutnya, laporan itu masuk ke kantornya sekitar pukul 10.30 WIB. Kemudian petugasnya langsung melakukan penanganan terhadap Sabrina dengan proses yang hampir memakan waktu dua jam, menggunakan peralatan berupa benang nylon, gergaji besi, tang, minyak goreng, serta garpu makan.



“Kita memberikan bantuan untuk melakukan pelepasan cincin di jari tengah yang sudah susah untuk dikeluarkan, yang mengakibatkan jari tangan tersebut membiru,” kata Nendri.

Beberapa upaya penanganan yang sempat dilakukan antara lain, memasukkan benang nylon pada sela cincin di jari Sabrina dengan melingkar yang kemudian diputar. Tapi sayangnya upaya tersebut gagal, sehingga petugas terpaksa membelah cincin menggunakan gergaji besi.

“Menggunakan Gergaji besi secara perlahan, cincin berhasil dilepaskan oleh anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor Sektor Ciawi,” tuturnya, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (fik)