Hallobogor.com, Ciawi – Petugas UPT Pengairan Ciawi merasa keteteran menangani sampah di saluran irigasi Jalan Raya Veteran Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi. Pasalnya, meski saluran irigasi telah diperbaiki namun saluran irigasi tetap meluap dan merusak jalan akibat volume sampah yang tak terkendali.

Pengawas UPT Wilayah Ciawi, H Dedi Djunaedi, mengatakan, kurangnya kesadaran warga sehingga membuang sampah secara sembarangan ke saluran air tentu berdampak buruk pada lingkungan sekitar terutama pada warga yang berada bagian hilir saluran. “Tumpukan sampah bukan hanya plastik, tapi juga jenis balok kayu bahkan ada kasur bekas yang dibuang ke saluran ini hingga ikut terseret dan mengakibatkan saluran ini tersumbat,” katanya.

Menurutnya, perlu upaya ekstra dari Pemerintah Desa dan UPT Kebersihan Ciawi agar ikut turun tangan menangani sampah di saluran irigasi Jalan Veteran Telukpinang tersebut. “Jadi kami imbau bukan hanya perlu kesadaran masyarakat. Akan tetapi Pemdes dan UPT Kebersihan pun perlu turun tangan. Sebab kondisi ini bukan sekali dua kali, tapi kerap terjadi setiap kali hujan dan mengakibatkan banjir ke Jalan Veteran,” katanya. (wan)