Konsultasi Hukum, bersama : Joko Mulyono SH MH

PERTANYAAN :
Saya seorang muslimah yang belum pernah menikah, saya sudah punya calon suami tetapi sebelum sampai ke jenjang pernikahan saya ingin diadakan pinangan terlebih dahulu, secara hukum bagaimana status ikatan dalam pinangan antara sepasang laki-laki dan perempuan? (Khoirunnisa)

JAWABAN :
Peminangan diatur di dalam Kompilasi Hukum Islam, peminangan dapat langsung dilakukan oleh seorang pria yang berkehendak mencari pasangan atau jodoh, maupun oleh perantara yang dapat dipercaya.

Peminangan dapat dilakukan terhadap seorang wanita yang masih perawan atau terhadap janda yang telah habis masa iddahya. Wanita yang ditalak suami yang masih berada dalam masa iddah, dan wanita yang sedang dipinang pria lain selama pinangan pria tersebut belum putus atau belum ada penolakan dan pihak wanita, dilarang untuk dipinang.

Putusnya pinangan dapat terjadi karena adanya pernyataan tentang putusnya hubungan pinangan atau secara diam-diam, pinangan belum menimbulkan akibat hukum dan para pihak bebas memutuskan hubungan peminangan. Kebebasan memutuskan hubungan peminangan dilakukan dengan tata cara yang baik sesuai dengan tuntunan dan kebiasaan setempat, sehingga tetap terbina kerukunan dan saling menghargai. Demikian semoga bermanfaat.

Joko Mulyono, S.H., M.H., Advokat & Konsultan Hukum di Kantor Advokat & Konsultan Hukum Arwin Siregar & Associates, untuk berkomunikasi, hub sms/wa : 0811854927