Hallobogor.com, Bogor – Untuk mengedukasi dan mendorong minat perempuan untuk berdemokrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menggelar cerdas cermat kepemiluan khusus untuk Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kota Bogor. Lomba ini digelar di Gedung Kemuning Gading, Kota Bogor, Selasa (23/5/2017).

Komisioner KPU Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat, Bambang Wahyu mengatakan, kegiatan ini selain menguji pengetahuan kompetensi juga pemahaman perempuan tentang demokrasi khususnya tentang kepemiluan. “Cerdas cermat ini untuk mendorong partisipasi pemilih terhadap pemilu dan demokrasi,” ujarnya.

Dalam lomba ini, setiap kecamatan mengutus tiga kader PKK. Selanjutnya diambil tiga tim pemenang dan pemenang juara harapan.

Bambang Wahyu menjelaskan, selama ini tingkat partisipasi kaum perempuan di Kota Bogor masih rendah dan belum mampu memenuhi kuota keterwakilan 30 persen di legislatif. 

Selanjutnya, dengan pemahaman kepemiluan dan demokrasi yang dimiliki diharapkan peran aktif perempuan khususnya kader PKK bisa menjadi penyelenggara panitia adhock dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 dan pilkada serentak 2018.

Dalam lomba cerdas cermat kepemiluan ini yang dihadiri pula oleh Komisioner KPU RI dan Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor Ade Syarif Hidayat ini, juara 1 diraih oleh tim PKK dari Kecamatan Bogor Tengah, juara 2 Kecamatan Bogor Selatan, dan juara 3 Kecamatan Tanah Sareal. Sedangkan juara harapan diraih oleh Kecamatan Bogor Barat, Kecamatan Bogor Timur, dan Kecamatan Bogor Utara. (dns)