Hallobogor.com, Kota Bogor – Sempat dibongkar dua tahun lalu, puluhan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) berada tetap di depan Kampus Universitas Pakuan (Unpak), Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, kembali dibongkar, Selasa (27/12/2016).

Proses pembongkaran tak berlangsung lama dan berjalan kondusif, bahkan yang empunya lapak masing-masing membongkar sendiri lapak dagangannya.

“Sebelum pembongkaran telah dilakukan koordinasi antara Muspika Bogor Tengah dan pihak Unpak termasuk sosialisasi kepada para pedagang baik secara langsung maupun melalui surat pemberitahun sejak tiga minggu lalu,” kata Kepala Satpol PP Kota Bogor Herry Karnadi ditemui di lokasi.



Menurutnya, pembongkaran tersebut berkaitan dengan rencana program Unpak membangun gerbang utama kampus sekaligus mengembalikan fungsi kawasan tersebut sebagai jalur pedestrian dan ruang terbuka hijau (RTH).

“Dua tahun lalu sebetulnya kawasan ini sudah ditertibkan dari PKL sejalan dengan rencana Unpak akan menata kawasan ini. Hanya saja, rencana itu berjalan kurang matang jadinya PKL kembali lagi, dan sekarang kembali dibongkar,” paparnya.

Dalam penertiban tersebut setidaknya melibatkan sejumlah petugas gabungan dari Satpol PP, Polri, TNI dan aparat wilayah Kelurahan Tegallega. Pelaksanaan penertiban berjalan kondusif tanpa perlawanan dari para PKL.

“Ada opsi solusi bagi para PKL, mereka disiapkan tempat semacam kantin di dalam kampus Unpak. Tapi, karena harus memenuhi kewajiban membayar, sekarang mereka (pedagang) masih negosiasi mengenai besaran harga dengan pihak Unpak,” tandas mantan Camat Bogor Selatan itu. (ris)