Hallobogor.com, Bogor – Membantu kaum dhuafa, Perusahaan Listrik Nasional (PLN) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebar 15.000 paket sembako lewat Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh (Lazis) pada Selasa (28/6/2016) siang.

Untuk area Bogor setidaknya dibagikan 2.000 paket sembako kepada dhuafa. 1.000 sembako di Masjid Darut Taqwa (Yayasan Muara Istiqomah), Kampung Muara, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor dan 1.000 sembako di Masjid Al Ariyah, depan Kantor PLN Rayon Leuwiliang, Jalan Raya Cibungbulang KM 17 Kabupaten Bogor.

Humas PLN APJ Bogor, Kusumawan mengatakan, pembagian 35.000 paket sembako ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, dan di Jabodetabek 1.5000 paket. “Untuk area Bogor sendiri mendapat 2.000 paket, disebar di dua lokasi Kota dan Kabupaten Bogor. Sasarannya kaum dhuafa dan fakir miskin,” terangnya, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Kusumawan juga mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tiap tahun dan sumber dana sendiri berasal dari gaji karyawan PLN yang dipotong sebesar 2,5 persen setiap bulannya. “Jadi pemotongan itu juga hanya berlaku untuk karyawan yang beragama Islam. Penyalurannya lewat Lazis bekerjasama dengan pihak masjid yang dipilih,” tambahnya.

Kusumawan menjelaskan,┬ákaum dhuafa dan fakir miskin berasal dari berbagai wilayah Kota Bogor. Pihak panitia dari Yayasan Muara Istiqomah mendata dan memilih mana yang layak dibantu, terlihat memang banyak lansia yang dipilih untuk dibantu. “Paket sembako berisikan mie instan, minyak goreng, kue kaleng, beras 5kg dan uang Rp 50 ribu untuk ongkos pengambilan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua YMI, Andriansyah Armawi mengatakan, dana zakat dari kurang lebih 50 ribu pegawai PLN se-Indonesia disalurkan untuk membantu kaum dhuafa. Panitia sendiri merupakan karyawan PLN APJ Bogor dan santri YMI. “Ini mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban kaum dhuafa yang membutuhkan. Dengan harga sembako yang merangkak naik setidaknya bisa mengurangi beban mereka, kami membagikan sembako secara gratis,” tutup Armawi. (hrs).