Hallobogor.com, Megamendung – Momen kunjungan Bupati Bogor Hj Nurhayanti dalam acara Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Megamendung, Rabu (26/8), dimanfaatkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Bogor.

Selama acara berlangsung, belasan petugas PMI Kabupaten Bogor beserta tim medisnya melakukan pengambilan darah seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri, dan masyarakat.

Camat Megamendung, Hadijana, Kapolsek Megamendung AKP Asikin, beserta puluhan anggotan TNI dan Polisi, secara sukarela menyumbangkan darahnya untuk didonorkan.

PMI sedikitnya berhasil mengumpulkan 50 labu darah dengan berbagai golongan darah. Kantung kantung darah tersebut selanjutnya akan dibawa ke RS PMI yang selanjutnya ditransfusikan kepada pasien yang membutuhkan.

“Hanya dapat 50 kantung darah dalam donor darah ini. Seharusnya kita bisa dapat lebih banyak kantung darah. Banyak peserta Boling yang tidak sempat mendonorkan darahnya.

Begitu juga, tidak sedikit pendonor yang tidak bisa diambil darahnya akibat kondisi tubuhnya tidak memungkinkan,” kata Tedi salah satu petugas PMI kemarin.

Tokoh masyarakat juga memanfaatkan momen tersebut. H. Jafar Sidik, tokoh masyarakat Desa Sukamaju, tidak mau ketinggalan untuk mendonorkan darahnya.

“Ini kesempatan yang baik. Selain untuk kesehatan, donor darah juga ada manfaat lainnya. Yaitu dari sisi sosialnya. Bisa dibayangkan, betapa dipentingkannya keberadaan darah bagi mereka yang membutuhkannya.

Untuk ini, kami dan warga Sukamaju merasa terpanggil untuk mendonorkan darah,” tuturnya.
Rasa gembira juga ditunjukkan oleh pendonor lainnya, Mariyam (45), warga Desa Sukakarya.

“Anak saya ketika sakit dan membutuhkan transfusi darah sangat terpukul. Disaat seperti itu, ada kerabat yang rela mendonorkan darahnya.

Anak kami bisa tertolong hingga kembali sehat bugar. Untuk ini, saya selalu mendonorkan darah jika ada kesempatan, kapan dan di manapun,” ujarnya.(dang)