Hallobogor.com, Bogor – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Jawa Barat melakukan evaluasi terhadap kegiatan praktik terintegrasi penyuluhan pertanian berkelanjutan.

“Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan praktikum terintegrasi berupa kegiatan penyuluhan ini mengena dan bermanfaat bagi kelompok tani maupun kelompok wanita tani,” kata Kepala Program Studi Ait Maryani di Bogor, Rabu (30/1/2019).

Polbangtan melakukan kegiatan penyuluhan sebagai bagian dari praktikum terintegrasi mahasiswa semester III Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB), para dosen pengampu Prodi PPB mengadakan evaluasi ke Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor.

Ait Maryani berharap dari hasil evaluasi ini dapat menjadi bahan perbaikan ke depan selain dapat menilai sejauhmana kemampuan mahasiswa berinteraksi dengan petani maupun kelompok tani. “Evaluasi kegiatan ini dilaksanakan di empat kelompok tani di Desa Cikarawang dan Desa Neglasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor,” katanya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Hurip Desa Cikarawang Ahmad Bastari mengatakan kehadiran mahasiswa di kelompok tani benar-benar sangat membantu, karena materi yang disampaikan begitu mengena dan sesuai dengan apa yang kami butuhkan.

“Kebetulan saat itu mahasiswa menjelaskan tentang kartu tani. Penjelasan dan cara penggunaan yang disampaikan mahasiswa membuat kami paham yang selama ini belum tahu cara penggunaannya,” ujarnya, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (far)