Hallobogor.com, Bogor – Ada yang unik dan berbeda pada kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day Kota Bogor minggu pagi tadi (14/02/2016).

Nampak Polisi Berkuda dan Polwan Bersepeda lalu lalang melakukan pengamanan di kawasan Car Free Day yang rutin digelar di Jalan Jalak Harupat,Kota Bogor.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, Kapolres Bogor Kota, AKBP Andi Herindra S.I.K yang didampingi oleh Wakapolres Bogor Kota Kompol Satya Widhy W S.I.K mengatakan, bahwa adanya Polisi Berkuda dan Polwan Bersepeda tersebut merupakan inovasi dalam mendekatkan Polisi dengan masyarakat, serta mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi gas buang.



“Ini adalah sebuah cara dan inovasi agar masyarakat lebih dekat dengan Polisi dan mendukung program pemerintah untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan.” Kata Kapolres.

Sementara itu masyarakat yang berada dilokasi Car Free Day pun nampak antusias dengan keberadaan Polisi Berkuda dan Polwan Bersepeda.

Mereka tak ragu-ragu untuk ber-selfie ria dengan para anggota Kepolisian yang menunggangi kuda maupun menaiki sepeda.

“Ada juga yang naik keatas kuda untuk berfoto bersama Polisi maupun yang foto dengan para Polwan Bersepeda.” Ungkap Kapolres.

Ia berharap dengan adanya inovasi ini, Polisi dan masyarakat bisa saling dekat dan terjalin kemitraan yang baik terutama dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kota Bogor.

Saat ini jumlah Polisi Berkuda yang dimiliki oleh Polres Bogor berjumlah empat ekor kuda dan Jokinya yang berasal dari anggota Sat Sabhara. Sementara Polwan Bersepeda merupakan anggota Polwan Polres Bogor Kota yang berjumlah delapan orang yang dipimpin oleh Kanit Regident Polres Bogor Kota IPTU Fitria Wijayanti. (dan/hms)