Hallobogor.com, Bogor – Kapolres Bogor Kombes Pol Ulung Sampuna Jaya memimpin apel gelar pasukan Ops Lilin 2018 di halaman Mapolres Bogor Kota Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Jumat (21/12/18). Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Rahmawati, Dandim 0606 Letkol Arm Dodi Suhardiman, tokoh masyarakat, dan sejumlah undangan.

Kombes Pol Ulung Sampuna Jaya mengatakan, gelar pasukan kali ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapsiagaan baik personel juga sarana dan prasarananya dalam rangka operasi lilin yang dimulai dari kegiatan hari Natal sampai dengan kegiatan pergantian tahun baru 2019.

“Personel yang disiagakan dua pertiga atau sekitar 750 personel ditambah dengan stakeholder lainnya. Kegiatan dilakukan dari preventif dan represif. Selain itu mereka akan ditempatkan di pos-pos yang sudah disiapkan juga di tempat keramaian,” katanya.



Pengalihan arus lalulintas di Kota Bogor juga sudah dipersiapkan termasuk rapat koordinasi dengan instansi terkait.

“Yang menjadi pusat pengamanan saat Operasi Lilin Lodaya yaitu gereja, tempat-tempat keramaian, objek wisata dan juga pusat pembelanjaan. Di Kota Bogor, ada 48 gereja yang nantinya akan dijaga keamanannya. Khusus untuk gereja Kategral di Jalan Kapten Muslihat dan GPIB Zebaot yang di Jalan Juanda dengan jumlah jamaah yang skala besar, pengamanan juga disertai dengan sterilisasi. Untuk gereja yang kecil kami lakukan upaya sterilisasi manual,” ujar Ulung.

Sementara Kabag Ops Polresta Bogor Kota, Kompol Fajar Hari Kuncoro menambahkan, dalam Operasi Lilin Lodaya 2018 ini, Polresta Bogor Kota akan dibantu jajaran Polda Jabar, TNI, Dinas Perhubungan Kota Bogor, Satpol PP, dan stakeholder lainnya.

“Sejauh ini, sebelum dilaksanakan operasi lilin, dilakukan prakondisi dalam rangka cipta kondisi. Cipta kondisi ini dengan operasi antik dan operasi zebra. Hal ini dilakukan agar pada saat operasi lilin, semua bisa berjalan dengan aman, nyaman, dan kondusif, pengamanan di Kota Bogor juga dilakukan mengingat pada Desember hingga Januari mendatang merupakan hari libur sekolah,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya juga melakukan pengamanan untuk kenyamanan masyarakat yang berlibur di Kota Bogor. “Target sasaran operasi lilin ini tidak hanya kaitannya dengan peribadatan saudara-saudara kita yang melaksanakan ibadah Natal, tapi juga kebetulan bersamaan dengan liburan sekolah sehingga tentunya juga berdampak pada destinasi wisata,” jelas Kompol Fajar. (dns)