Hallobogor.com, Bogor – Sebagai bagian dari upaya menciptakan situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif di wilayah hukuk Kota Bogor, jajaran Polresta Bogor Kota kian rajin mendekatkan diri dengan alim ulama dan semua kalangan. Upaya makin merekatkan silaturahim dijalankan dengan sejumlah kegiatan.

Pada Rabu (4/3/2018) misalnya, mulai pukul 04.20 Wib Kapolresta Bogor Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid Al Mustofa, Jalan Ciremai Ujung RT 003/010, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Kegiatan ibadah yang diikuti kurang lebih 100-an jamaah ini dihadiri Ketua DKM Masjid Al Mustofa Mukti Nasir, Waka Polresta Bogor Kota, Kabag Sumda, Kasat Intelkam, Kapolsek Bogor Utara, Kasat Shabara, Kasat Lantas, Kasie Propam, Kanit Provos, Kanit Turjawali, dan Kanit Reg Iden Polresta, serta warga sekitar.

Usai sholat subuh berjamaah yang dipimpin Imam ustad Kusnadi, dilanjutkan dengan bincang-bincang namun sarat pesan-pesan positif. 

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan Bapak Kapolresta Bogor Kota beserta jajaran. DKM Masjid Al Mustofa sangat senang dapat bersilahturahmi dengan pihak kepolisian. Masjid Al Mustofa ini didirikan tahun 728 Hijriyah oleh H Mustofa dan KH Raden,” ungkap Ketua DKM Masjid Al Mustofa, Mukti Nasir.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, mengemukakan, sholat subuh berjamaah ini bertujuan antara lain untuk memberikan contoh kepada anggota dan untuk mendekatkan kepada ulama yang ada di Kota Bogor. 

Kapolresta juga berpesan kepada seluruh jamaah agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI serta tidak tertipu informasi-informasi hoax. “Kita harus berilmu sehingga tidak tertipu dengan media hoax. Mari kita menjaga keberagaman ini. Mari kita mempererat silaturahmi agar dapat menjaga NKRI. Jangan sampai NKRI seperti negara Suriah yang hancur karena adu domba. Mari bersama-sama kita menjaga kondusifitas Kota Bogor yang telah terjaga selama ini. Jangan sampai kita terprovokasi dan terpecah belah,” paparnya.

Terkait musim Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kapolresta mengajak semua pihak untuk tetap menjaga keamanan. Pihaknya juga menegaskan bahwa jajaran kepolisian meningkatkan pelayanan keamanan. “Setiap malam minggu dilakukan operasi terutama balapan liar dan tawuran yang ada di wilayah Kota Bogor,” imbuhnya.

Pada hari yang sama, Kasat Binmas Polresta Bogor Kota Kompol Wijayanti dan jajaran juga beranjangsana kepada tokoh masyarakat dan Ketua DKM Masjid Nurul Iman Muhammad Arzaqi, di Jalan Perdana No. 8 Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal. 

“Dalam kegiatan anjangsana ini Kasat Binmas memberikan himbauan antara lain agar mengantisipasi perkembangan paham radikalisme, menjaga persatuan dan kesatuan dalam rangka mendukung keutuhan NKRI, mewaspadai isu yang berkembang tentang orang gila, agar ulama, umaro, serta masyarakat tidak mudah terprovokasi, serta turut menjaga kondusifitas kamtibmas serta siap menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2018,” kata Humas Polresta Bogor Kota, AKP Yuni Astuti.

Selain itu, Kasat Binmas juga menemui Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Bogor, Saeful, di RW 4 Kelurahan Sukaresmi, Tanah Sareal. Sedangkan pesan yang disampaikan masih sama seperti sebelumnya. (cep)