Hallobogor.com, Bogor – Guna mendukung budidaya ikan air tawar sebagai pilihan dalam pemenuhan program ketahanan pangan nasional dan memenuhi ketersediaan pangan protein hewani ikan, BPPT melalui Pusat Teknologi Produksi Pertanian (PTPP-BPPT) bekerjasama dengan Komisi VII DPR-RI menggelar Diseminasi Teknologi Budidaya Ikan Nila Unggul. Acara digelar di Aula PUI, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jum’at (3/8/2018).

Pengurus Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Bogor sekaligus perwakilan dari BPPT Kota Bogor, Tatang Suharya, mengatakan, kegiatan diseminasi ini sangat positif dalam memberikan informasi kepada masyarakat Kota Bogor. Jika pada awal-awal lebih memberdayakan ikan hias namun kini meningkat ke ikan konsumsi. “Konsumsi ikan sangat dibutuhkan. Ini kita bisa kembangkan dengan teknologi,” ujarnya.

Pada sisi lain, melalui diseminasi ini berharap dapat mengatasi harga pakan ikan dan agar para petani atau peternak ikan tidak hanya dijadikan objek atau kelinci percobaan terus.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI Joko Purwanto menambahkan, dengan seminar ini setidak-tidaknya bisa memberikan informasi kepada masyarakat kota Bogor khususnya para peternak ikan nila, di mana dari hasil kajian BPPT telah mampu mengembangkan varietas ikan Nila Nirwana yang bisa dibudidayakan dan memberikan nilai tambah kepada para peternak ikan.

“Jadi kami akan melakukan pertemuan lanjutan, kemudian kita bicarakan bagaimana pemberdayaan ikan nila ini, bagaimana permodalannya, bagaimana persoalannya, dan bagaimana pemasarannya hingga apa yang kita lakukan ini menjadi sesuatu yang lebih manfaat ke depannya,” kata Joko Purwanto. (dns)