Publikasi Kinerja Satpol PP Kabupaten Bogor (1)

Satpol pp Kabupaten Bogor Fokus Pengamanan PORDA XIII Jawa Barat

1. Publikasi Kinerja Satpol PP Kabupaten Bogor

Tahun 2018 terdapat perhelatan olahraga pada tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu Pekan Olahraga Daerah (PORDA) yang ke tiga belas, sekaligus Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah pada event PORDA XIII JAWA BARAT pelaksanaan telah dimulai dari tanggal 29 September 2018 dan berakhir sampai tanggal 15 Oktober 2018, adapun jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan diwilayah Kabupaten Bogor berjumlah 26 cabang olahraga dan beberapa venue antara lain ; Venue Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Mini Persikabo di Komplek Pemda Kabupaten Bogor dan Stadion Anggaraeni Kp.Gudang No.24 Kel Karang Asem Kec Citeureup untuk cabor sepak bola; Venue GOR Perhubungan Kemang, jl. Raya Parung Kec Kemang dan GOR Laga Tangkas (samping Kantor Dispora Kab.Bogor) jl. Lingkar Stadion Pakansari untuk cabor futsal, tarung drajat, bulutangkis dan tinju; Venue start Lapangan Tegar beriman s.d finish Stadion Pakansari dan GOM Karadenan untuk cabor drumband; Venue Palm Hill Golf jl.Sentul Raya Desa Kadungmangu Kec Babakanmadang untuk cabor golf; Venue Gunung Mas Cisarua jl. Raya Bukit Gantole untuk cabor aerosport paralayang; Venue Hotel Darmawan Park jl.Raya Babakanmadang Kec Babakanmadang untuk cabor billiard; Venue Lapangan Rugby The Lodge Golf Jagorawi jl.Raya Kranggan Desa Karanggan Kec Gunung Putri untuk cabor rugby; Venue Hotel Seruni III jl.Raya Puncak Desa Tugu Utara Kec Cisarua untuk cabor renang; Venue Danau Mekarsari Kec Cileungsi untuk cabor ski air; Venue GOR IPB Dramaga Kec Dramaga untuk cabor judo; Venue GOR Padepokan Voli Indoor Sentul Nirwana untuk cabor karate; Venue Pendulum Gadog untuk cabor kempo; Venue Gedung Kesenian & Olahraga jl. Raya Tegar Beriman untuk cabor angkat besi dan binaraga; Venue Lapangan Timur GOR PAKANSARI untuk cabor panahan; Venue Wall Climbing Center (area GOR PAKANSARI) untuk cabor panjat tebing; GOR Hall Indocement Kec Citeureup untuk cabor pencak silat; Venue Lapangan Petanque Pakansari untuk cabor petanque; Venue Lapangan Tenis Komplek Pemda Kab Bogor untuk cabor tenis; Venue Hanggar Basarnas Lanud Atang Senjaya untuk cabor wushu dan terakhir Venue GOR Gymnasium IPB Kec Dramaga untuk cabor tenis meja.

Adanya event kegiatan olahraga tersebut membuat Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor sebagai koordinator bidang ketertiban umum lebih terfokus pada pengamanan setiap event kegiatan cabang olahraga agar berjalan aman dan sukses, menurut Kasat Pol PP Kabupaten Bogor Herdi,” saya memerintahkan seluruh personil dibidang-bidang agar lebih konsentrasi pada pengamanan kegiatan PORDA XIII dan PEPARDA V Tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah. Dalam hal pengamanan kita tidak lepas bekerjasama dengan Polres Bogor, Kodim 0261, Dishub Kabupaten Bogor dan instansi terkait dan berkoordinasi”.

Anggota Linmas Kecamatan Citeureup Dibekali Pengetahuan Kelinmasan
2. Publikasi Kinerja Satpol PP Kabupaten Bogor

Seksi Pelatihan Kelinmasan pada Bidang Kelinmasan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan pembinaan kelinmasan terhadap anggota Linmas dibeberapa Desa Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Citeureup dan dibuka oleh Sekretaris Pol PP Kabupaten Bogor, H. Mad Hasan. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari (4/10/18) serta menghadirkan narasumber dari Polres dan instruktur dari Kodim 0621 Cibinong, Jumlah peserta pembinaan kelinmasan dihadiri 140 Orang Anggota Linmas dari empat belas desa di wilayah Kecamatan Citeureup.

Rakor Persiapan Penertiban Galian C di Kabupaten Bogor
3. Publikasi Kinerja Satpol PP Kabupaten Bogor

Rapat koordinasi dilaksanakan (4/10/18) di aula Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor yang dihadiri oleh Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Barat, Polres Bogor, ke empat belas kecamatan yang masuk galian c dan pemilik usaha galian c. Kegiatan rapat ini dipimpin langsung oleh Kabid Penegakan Perundangan Undangan, Asep Agus Ridhollah dan didampingi oleh Kasi Penegakan, Asep dan Kasi Penyelidikan dan Penyidikan, Santoso.

Menurut Kabid Penegakan Perundangan – Undangan, Asep Agus Ridhollah,” Muncul permasalahan dalam penambangan galian c seperti truk-truk pembawa galian sepanjang jalan galian tanahnya berceceran sehingga berdampak negatif pada warga sekitar bila hujan jalan licin dan bila kemarau tanah galian beterbangan mengganggu pernafasan, belum lagi soal perijinan kadang tidak sesuai dengan yang ada dilapangan misal batas tanah warga dengan pemilik galian saling klaim. Kalau sudah muncul permasalahan seperti ini warga hanya tahunya mengadu ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan akhirnya Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor mau tidak mau harus bertindak untuk menindaklanjuti pengaduan warga/masyarakat Kabupaten Bogor, maka Satpol PP Kabupaten Bogor mempunyai hak memeriksa baik berkas-berkas administrasi perijinan maupun lokasi galian walau kegiatan galian c soal perijinan sudah berada di tingkat Provinsi Jawa Barat. Satpol PP Provinsi dapat memeriksa berkas perijinan dan dapat menutup galian c dan Kepolisian dalam hal ini Polres Bogor juga mempunyai kewenangan memeriksa dan menutup galian c karena kepolisian memakai Undang-Undang Lingkungan Hidup, dengan adanya rakor ini kami dari Satpol PP Kabupaten Bogor untuk mencari formula yang bagaimana dalam bnetuk kerja sama antara Satpol PP Kabupaten Bogor, Satpol PP Provinsi Jawa Barat dan Polres Bogor.”

Tujuh Daerah Kabupaten/Kota Jawa Barat Melaksanakan Test Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Bogor

4. Publikasi Kinerja Satpol PP Kabupaten Bogor

Pemerintah Pusat membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di seluruh wilayah Indonesia yang telah ditetapkan jumlah kuota CPNS disetiap daerah provinsi/kabupaten/kota. Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Bandung Propinsi Jawa Barat membuka formasi kebutuhan pegawai sesuai keputusan Menpan & RB Nomor 234 Tahun 2018 Tanggal 30 Agustus 2018 tentang kebutuhan pegawai aparatur sipil negara dilingkungan Propinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2018 dengan 1085 formasi yang dibutuhkan seperti 926 Tenaga Guru, 90 Tenaga Kesehatan dan 69 Tenaga Teknis. Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Bandung Propinsi Jawa Barat menunjuk Kabupaten Bogor sebagai tempat ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) bagi sejumlah pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dari beberapa daerah kabupaten / kota di Jawa Barat antara lain; Depok, Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Bekasi, Kabupaten Bekasi, Bogor dan Kabupaten Bogor.

Kegiatan ujian seleksi tersebut membuat Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor extra pengamanan dengan bekerjasama dengan Polres Bogor dan Polsek Cibinong, pelaksanaan dimulai dari tanggal 25 Oktober sampai pada 13 November 2018 bertempat di Gedung Tegar Beriman Komplek Pemda Kabupaten Bogor, tiap peserta ujian diperiksa oleh anggota Satpol PP di tiga titik pintu masuk ruangan gedung tegar beriman ini untuk mencegah adanya kecurangan, pengamanan kegiatan test ujian penerimaan calon ASN ini dilakukan mulai jam.06.30 WIB sampai pada jam.20.30 WIB. Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor jam. 07.00 WIB melakukan penutupan pintu gerbang utama lapangan tegar beriman dan seluruh pegawai dialihkan ke pintu gerbang Kantor Inspektorat. (adv)