Hallobogor.com, Bogor – Samsi Akbar Aflah, kembali pimpin organisasi Persatuan Umat Islam (PUI) Kabupaten Bogor periode 2018 – 2023, setelah dalam musyawaran daerah (Musda) ke XIII  yang dibuka Bupati Nurhayanti, Sabtu (24/3/2018) terpilih aklamasi.

“Alhamudulillah, semua pengurus dari mulai DPD sampai tingkat kecamatan menginginkan saya memimpin PUI lagi, untuk kedua kalinya. Amanah ini akan saya jalankan dengan penuh tanggung jawab, demi kemajuan organisasi dan kemaslahan umat,” kata Samsi, kepada Jurnal Bogor, Minggu (25/3/2018).

Samsi mengatakan, dalam Musda yang digelar di Pondok Pesantren Darul Fallah, Kecamatan Ciampea, pengurus sudah merumuskan beberapa kebijakan terkait program kerja organisasi kedepan, satu diantaranya soal kewajiban bagi semua pengurus dan kader PUI mensukseskan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak baik itu Pilgub Jawa Barat maupun Pilbup Bogor.

“Untuk Pilgub, PUI memutuskan mendukung pasangan calon Sudrajat – Syaiku (Asyik) sedangkan Pilbup untuk pasangan calon Jaro Ade – Ingrid Kansil (JADI). Keduanya merupakan calon nomor urut 3, sehingga tidak sudah bagi pengurus dan semua kader PUI mensosialisasikannya kepada masyarakat,” ujarnya.

PUI kata Samsi, baik di Pilgub Jawa Barat maupun Pilbup Bogor tidak sekedar mendukung saja, tapi akan berusaha sekuat tenaga menggerakan semua elemen dan perangkat organisasi untuk memenangkan pasangan Asyik dan Jadi. “Ini sudah diputuskan bersama oleh dewan pertimbangan berdasarkan hasil kajian dan masukan dari kader, jadi PUI tidak asal mendukung,” tegasnya

M. Sinwan MZ, pengurus PUI menegaskan, menjadikan Sudrajat – Syaiku, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dan Jaro Ade – Ingrid Kansil, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023 itu sudah menjadi keputusan organisasi.

“PUI kalau sudah memutuskan tidak akan bergerak setengah hati. Hal itu telah dibuktikan,  ketika Pak Ahmad Heryawan (Aher) maju sebagai Gubernur Jawa Barat, baik saat berpasangan dengan Dede Yusuf diperiode 2003-2008 maupun dengan Deddy Mizwar, ketika maju diperiode kedua,” ungkapnya.

Sinwan pengurus merangkan pimpinan presidium Musda  XIII lebih lanjut membenarkan, pemberian dukungan kepada pasangan calon oleh PUI sudah melalui tahap kajian, selain ditambah dengan rajinnya calon berkomunikasi dan bersilaturahim dengan pengurus PUI. “Insya Allah dengan dukungan PUI, perjuangan pasangan Asyik dan Jadi bakal meraih hasil memuaskan dan terpilih sebagai pendulang suara terbanyak,” tutupnya. (cep)