Hallobogor.com, Bogor – Kurang lebih 25 orang peserta mengikuti pembekalan dan fasilitas uji kompetensi tukang bangunan umum tingkat Kota Bogor. Kegiatan yang diinisiasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Balai Konstruksi Wilayah III Jakarta Kementerian PUPERA ini berlangsung di Kelurahan Kebon Kalapa, Kota Bogor, tanggal 13-14 November 2017.

Anggota Komisi V DPR RI dari PKB, Neng Eem Marhamah, yang membuka kegiatan tersebut, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menyediakan dan meningkatkan kemampuan pekerja konstruksi pada tingkat terampil juga dalam rangka memperluas pelaku jasa konstruksi. 

Pihaknya berharap tukang bangunan umum yang telah dilatih ini nantinya mampu bersaing di tingkat regional, nasional bahkan internasional dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Di Indonesia sementara ini hampir 7 juta tukang, namun yang bersertifikat uji kompetensi sekitar 6 persen. Untuk itu di Kota Bogor sendiri saya memfasilitasi para tukang agar mereka bisa bersaing dengan dibekali pelatihan uji kompetensi,” ujarnya.

Eem juga berharap, ke depan di dunia kontruksi ini mereka mempunyai daya saing, bisa bekerja dengan aman dan bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan upah yang maksimal.

Sementara Ketua DPC PKB Kota Bogor Heri Firdaus, mengatakan, saat ini di Indonesia khususnya di Kota Bogor masih kekurangan tenaga tukang bangunan terampil yang bersertifikasi. “Sementara yang kita latih ini sebanyak 25 orang, kemudian diuji kompetensi dan mendapat sertifikat. Berarti sudah ada 25 orang pekerja yang kompeten yang siap melakukan pekerjaan-pekerjaan konstruksi,” imbuhnya. (dns)