Hallobogor.com, Cisarua – Puluhan warga Kampung Cirangrang, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, mengalami keracunan makanan. Peristiwa ini terjadi diduga akibat warga menyantap Nasi Kebuli dalam sebuah peringatan Maulid Nabi, Jumat (29/12/2017) sekira pukul 10.00 Wib.

“Kejadiannya setelah acara Maulid. Terasanya tidak sekaligus, tapi perlahan. Dimakannya sekitar jam 10.00, terasanya sekitar jam 2 siang,” kata warga setempat, Iwan.

Iwan menegaskan, tidak semua warga yang makan Nasi Kebuli itu keracunan, hanya puluhan orang saja. “Nasi kebulinya kan lima ratus bungkus, tapi yang diduga keracunan hanya sekitar puluhan orang saja,” papar dia.

Menanggapi kejadian itu, Kepala Desa Cilember H. Bunyamin mengaku belum bisa memastikan penyebab dari keracunan itu, karena tidak semua warga keracunan. “Anak saya juga makan Nasi Kebuli itu, tapi tidak keracunan,” tandasnya.

Pemerintah Desa Cilember terus melakukan sweeping terhadap warga. Dikuatirkan jumlah korban akan bertambah. “Kami belum bisa memastikan penyebabnya, itu harus melalui hasil lab,” tegasnya lagi.

Korban yang diprediksi parah, sambung H. Bunyamin, dibawa ke RSPG Cisarua dan RSUD Ciawi. “Kalau yang baru gejala dirawat di posko darurat yang disediakan oleh kader-kader desa,” tutupnya. (cep)