Hallobogor.com, Cibinong – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Bogor, dan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor terus berupaya mengoptimalkan potensi wisata di Kabupaten Bogor.

Salah satunya dengan meningkatkan infrastruktur, melakukan promosi dengan cara yang modern, serta membangun destinasi siap kunjung. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan dialog interaktif yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor di Aula Diskominfo, Kamis (2/7).

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Rachmat Surjana mengatakan, kunjungan wisata ke Kabupaten Bogor terus meningkat dari tahun ketahun, akan tetapi persoalannya masyarakat atau pengunjung masih mengandalkan puncak sebagai destinasi wisata terfavorit.



Padahal di Kabupaten Bogor ini banyak potensi destinasi wisata yang sama bagusnya dengan puncak. Oleh karena itu, saat ini ia tengah fokus mengoptimalkan destinasi wisata di seluruh wilayah Kabupaten Bogor dengan memetakan menjadi empat zonasi. Yakni zona tengah, utara, timur dan barat.

“Salah satunya yang sedang serius dikembangkan yaitu zona tengah atau kawasan sentul agar bisa menjadi kawasan wisata terpadu. Sehingga bisa menjadi alternatif destinasi wisata selain puncak,” tutur Rachmat.

Beberapa perioritas kata Rachmat menambahkan, ada dua yang akan disiapkan yakni destinasi siap kunjung, promosi pariwisata modern, serta memperbaiki dan mempersiapkan infrastruktur. Untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung baik domestik maupun mancanegara, dengan membangun koordinasi antara Pemkab Bogor, Dewan Kesenian, Badan Promosi Pariwisata, para pengursaha dan lainnya.

“Infrastruktur yang belum memadai akan ditingkatkan menjadi lebih baik seperti akses menuju destinasi wisata taman sari gunung salak. Sehingga bus pariwisata bisa masuk sehingga akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pengunjung. Dengan destinasi wisata siap kunjung, infrastruktur memadai, membuat para pengunjung merasa nyaman, dan tidak kapok. Sehingga mereka mau berkunjung kembali berwisata ke Kabupaten Bogor,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor, Zaenal Safrudin menuturkan, promosi merupakan hal terpenting dan kunci kesuksesan dalam bidang pariwisata. Tentunya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Bogor, melalui kerjasama dengan beberapa daerah lainnya seperti DKI Jakarta, Jogjakarta, Bandung dan Batam. Sehingga ada kegiatan saling menguntungkan dimana Pemkab Bogor bisa mempromosikan ketiga daerah tersebut, begitupun sebaliknya.

“Kami juga sedang membangun promosi pariwisata modern seperti paket wisata dan travel yang bekerjasama dengan hotel-hotel khususnya di Kabupaten Bogor. Dalam paket wisata tersebut sudah termasuk menikmati kesenian tradisional tentunya dengan harga yang lebih hemat, karena pariwisata tidak akan sempurna jika tidak menampilkan seni dan budayanya,” tukas Zaenal (kab)