Hallobogor.com, Bogor – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mekarwangi, Tanah Sareal, Kota Bogor merupakan salah satu Puskesmas yang menerapkan ISO 9001:2008 atau standar Internasional. Puskesmas yang dilengkapi Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan 11 kamar rawat inap puskesmas juga memiliki sistem manajemen mutu dan kualitas.

Berawal dari layanan puskesmas yang standar Internasional, Puskesmas Mekarwangi melejit menjadi puskesmas unggulan masyarakat di tiga wilayah yakni, Kelurahan Mekar Wangi, Suka Damai dan Sukaresmi, bahkan saat ini prestasinya sudah tercium dan sedang mengikuti penilaian tingkat nasional.

Kepala Puskesmas Ilham Chaidir, menuturkan, dirinya tidak menyangka puskesmas yang dipimpinnya menjadi finalis tingkat nasional, sehingga kali ini ia dan jajarannya mencoba menggapai prestasi.



“Kami melayani daerah Kelurahan Mekarwangi, Sukaresmi dan Sukadamai. Dengan total jumlah 47.673 warga yang kami layani, kami juga sedang mewujudkan sistem administrasi memadai,” ungkanya kepada, kepada wartawan, Jum’at (30/10).

Ilham menjelaskan, motto Puskesmanya adalah melayani sepenuh hati, sehingga pihaknya selalu memberikan pelayanan medis berdasarkan standar pelayanan minimal di puskesmas.

Lebih lanjut Ilham mengatakan, saat ini ada pelayanan IGD, Persalinan dan rawat inap selama 24 jam, dengan jumlah pegawai 34 PNS. Dari sebelumnya pegawai 21 orang. Selain itu dibantu ada dua tenaga honorer, untuk membantu kinerja Puskesmas mekarwangi. “Jadi puskesmas mekar wangi adalah puskesmas yang mekar dan wangi. Jumlah kunjungan pasien pada tahun 2014 sebanyak 77.641 dan skarang sudah tembu 10.000 kunjungan. Dan saat ini ada 232 data perawatan rawat inap,” bebernya.

Ilham mengaku, dengan fokus pihaknya berhasil mengatasi kesan Puskesmas yang kurang nyaman dan tidak bersih. Saat ini masyarakat bisa dimanjakan, dan untuk pembangunan ada bantuan dari CSR.

“Ada beberapa perusahaan yang menyumbangkan AC, pojok asi dan ruang anak yang memang tidak menyeramkan. Perusahaan obat-obatan banyak yang memberikan CSR,” tandasnya. (dan)