Hallobogor.com, Bogor – Putri Belgia HRH Princess Astrid mengunjungi Kota Bogor, Rabu (16/03/2016). Kunjungan Putri Astrid untuk menyaksikan langsung penandatanganan naskah kesepahaman kerjasama antara Institut Pertanian Bogor (IPB) dan University of Ghent di IPB International Confention Center (IICC).

Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, kerjasama ini berfokus pada ekonomi, yaitu usaha membangun kekuatan ekonomi dari penelitian dan riset yang melahirkan inovasi.

Menurut Herry, inovasi menjadi penting agar bangsa Indonesia tidak terus-menerus mengantungkan ekspor barang mentah. “Ekonomi kita banyak ditopang oleh ekspor bahan mentah seperti biji kakao (coklat-red), tapi kita malah mengimport coklat,” ujar Herry seusai acara.



Herry menjelaskan, ciri majunya perekonomian suatu negara terlihat dari banyaknya inovasi. Hal ini tentu juga harus dilakukan Indonesia agar bisa berinovasi dalam mengolah produknya sendiri. Sehingga IPB bekerjasama dengan University of Ghent untuk membuat inovasi yang hasilnya menjadi produk dan bisa dinikmati masyarakat.

“Inovasi ini bisa dilakukan dimana saja karena potensi pertanian Indonesia sangat bagus. Hal ini juga mampu membantu perekonimian nasional sekaligus menyebarkan pusat-pusat pertumbuhan di indonesia,” tutur Herry.

Sementara Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, kedatangan Putri Astrid dalam rangkaian kegiatan bilateral ke Kota Bogor juga tidak terlepas dari adanya sejarah. Yakni adanya Jalan Astrid berada di Kebun Raya Bogor (KRB) sebagai bentuk penghormatan atas kedatangan Ratu Astrid pada 1928 silam.

Menurut Bima, Kota Bogor juga di masa depan akan tumbuh menuju smart city sehingga diharapkan akan terbuka peluang kerjasama dengan Pemerintah Belgia dibidang teknologi informatika. “Kalau untuk sekarang kerjasama lebih fokus kepada IPB dalam bentuk riset dalam pengembangan produk,” tandas Bima.

Sementara kerjasama antara IPB dan University of Ghent sudah berlangsung sejak lama. Tetapi dengan penandatangan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan pola kerjasama yang ada. (hrs).