Hallobogor.com, Bogor-
Relawan Jaro Ade (RAJA) terus bergerak ke masyarakat bawah untuk mewadahi masyarakat dalam mendukung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor nomor urut 3 Ade Ruhandi/Jaro Ade-Ingrid Kansil (JADI) agar memimpin Kabupaten Bogor 2018-2023.
Jika pada saat deklarasi setahun lalu RAJA masih berfokus agar Jaro Ade ditetapkan menjadi Cabup, kini RAJA tengah fokus memantapkan jaringan relawan sekaligus bergerilya ke akar rumput untuk memenangkan paslon JADI.
Alhasil, melalui kegiatan pemantapan RAJA khusus di Daerah Pemilihan 3 wilayah selatan Kabupaten Bogor, tercatat lebih dari 5.000 anggota RAJA yang siap bergerak memenangkan JADI nonor urut 3 agar jadi Bupati dan Wakil Bupati Bogor.
Dimulai Jumat (6/4/2018), pemantapan relawan RAJA dilaksanakan untuk Kecamatan Cisarua, Megamendung, dan Ciawi. Pada Sabtu (7/4/2018), Kecamatan Caringin, Cigombong, dan Cijeruk, dan Minggu (8/4/2018) untuk Kecamatan Tamansari.
Sedangkan pemateri pemantapan dan bimbingan teknis dilakukan oleh pengurus DPP Partai Golkar sekaligus Pimpinan Komisi IX DPR RI Ichsan Firdaus.
Ketua Umum RAJA Kabupaten Bogor, Imam Wijaya, SH., mengatakan, antusias masyarakat yang ingin menjadi relawan dan masuk ke gerbong RAJA sangat tinggi. “Jika pada awal pembentukan RAJA hanya ratusan, kini jumlah anggota RAJA sudah lebih dari 5.000 orang. Ini berdasarkan hasil verifikasi dan pemantapan. 5.000 orang relawan ini sedang bergerak terus ke masyarakat memenangkan Jaro Ade-Ingrid Kansil jadi Bupati Bogor,” tegasnya, Minggu (8/4/2018).
Imam menjelaskan, RAJA merupakan rumah bagi para relawan dari berbagai profesi yang memiliki cara tersendiri dalam memenangkan paslon JADI. “RAJA selama ini memilih untuk bergerak di masyarakat arus bawah tanpa menonjolkan identitas, tanpa dibayar, murni dari hati nurani mereka. Kami adalah kumpulan masyarakat yang mau bergerak militan yang punya cita-cita yang sama ingin ada perubahan baru di Kabupaten Bogor yang bebas dari KKN. Kami menginginkan rakyat benar-benar berdaulat sebagai raja yang sesungguhnya, maka kami menilai Jaro Ade adalah figur yang pas yang berasal dari rakyat yang meniti karier lengkap dari bawah. Jaro Ade bukan boneka,” tegasnya.
Sementara itu, Koordinator RAJA Kecamatan Caringin, Didin Subandi, mengemukakan, masyarakat yang bergabung ke dalam wadah RAJA mayoritas memiliki punya alasan dan tujuan yang sama ketika menentukan pilihan kepada Jaro Ade-Ingrid Kansil. “Masyarakat yang bergabung ke RAJA itu punya banyak alasan memilih Jaro Ade-Ingrid Kansil. Jaro Ade satu-satunya calon yang paling berpengalaman. Pernah menjadi Kepala Desa sampai menjadi Ketua DPRD. Kami relawan yang juga mayoritas muslim juga punya alasan kuat untuk memilih calon pemimpin laki-laki sesuai dasar ayat Al Quran. Laki-laki di depan, perempuan ma’mun,” ungkapnya diamini Korcam Cisarua Dadang, dan Cigombong Sukmaedi, Korcam Ciawi Khoerudin, Korcam Megamendung Budi Mamat, Korcam Tamansari Mulyana, dan Korcam Cijeruk Bunyamin.
Korcam Megamendung, Budi Mamat, menambahkan, sejak beberapa pekan belakangan relawan RAJA sudah bergerak sosialisasi sambil menempelkan 140 ribu sticker JADI. “Dalam sosialisasi dan penempelan sticker ini kami tetap akan mengedepankan kesantunan. Namun apabila ada yang menjual kami siap borong,” imbuhnya.(cep)