Hallobogor.com, Bogor – Cafe dan bar di wilayah Kota Bogor mendadak harus tutup lebih cepat dari biasanya, hal itu dikarenakan adanya operasi gabungan Polres Bogor Kota didampingi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor terkait peredaran minuman beralkohol (minol). Giat kali ini mengambil beberapa sampel tempat cafe dan bar di wilayah Bogor Timur, Rabu (07/09/2016) malam.

Giat razia yang dimulai pada pukul 22:00 WIB ini dipimpin Kasat Narkoba Polres Bogor Kota AKP Andhika Fitransyah dan didampingi Kasatpol PP Kota Bogor Hery Karnadi. Puluhan personil gabungan mengawali menyisir mulai Pine Cafe, Yellow Eatery, Vj’s cafe, Cherry Black Cafe, hingga berakhir di See Look Red Cafe di kawasan Sukasari. Diketahui beberapa cafe tidak memiliki perizinan penjualan miras. Ratusan botol minol mengandung alkohol diatas 5 persen dan 30 persen disita aparat gabungan.

Kasat Narkoba Polres Bogor Kota, AKP Andhika Fitransyah menuturkan, pihaknya¬†atas izin Kapolres Bogor Kota bersama Satpol PP Kota Bogor melakukan pemeriksaan kepada beberapa cafe ataupun tempat hiburan yang menjual minol. “Kami melakukan pemeriksaan perizinan penjualan, kami melakukan random sampling untuk tempat penjualan itu,” ungkapnya kepada Inilah, Kamis (8/9/2016) dini hari.

Andhika melanjutkan, ada beberapa tempat tidak bisa memperlihatkan izin penjualannya. Satpol PP yang mendampingi juga segera melakukan tindakan pemeriksaan, untuk melaksanakan penertiban karena pengawalan terhadap penertiban minol.

“Hasil sementara ada beberapa jenis minol diatas 5 persen hingga ada yang 30 persen minolnya disita. Total ratusan minol kami sita, kami cek di display dan gudangnya,” tambahnya.

Kegiatan ini menurut Andhika akan dilakukan secara rutin karena untuk mengontrol peredaran minol di cafe dan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ratusan miras kami amankan di Mako Satnarkoba Polres Bogor Kota. Pendapatan dengan pajak bertambah dengan melihat izinnya,” tukas Andhika.

Sementara itu Kasatpol PP Kota Bogor, Herry Karnadi menuturkan, pihaknya hanya melakukan¬† pendampingan dalam giat Polres Bogor Kota. Satpol PP melakukan penindakan dan pengecekan perizinan. “Beberapa yang tidak bisa memperlihatkan perizinan akan ditinjau izinnya. Hingga boleh atau tidak perizinannya dilihat dari ketentuannya,” kata Herry. (hrs).