Hallobogor.com, Bogor – Khusus diperuntukan bagi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Indonesia, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-71, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengelar ajang rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) dunia.

Menariknya, pada rekor MURI di lomba olahraga tradisional yakni “Trompah Panjang dan Paduan Suara menyayikan lagu wajib kebangsaan Hari Merdeka, disiarkan secara serentak dan langsung melalui videoteleconferenceĀ di kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Pusat Jakarta, seperti dikutip Halloapakabar.com, senin (15/08/2016),

Kegiatan yang di mulai pukul 07.00 WIB ini diikuti150 ribu warga binaan dan pegawai Lapas Rutan se- Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-71.

Dari ribuan peserta warga binaan Lapas yang turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut, salah satunya
Lapas Klas IIA Bogor, berlokasi di Jalan Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Pada kesempatan itu, Kepala Lapas Klas IIA Bogor, Suharman menjelaskan, pada kegiatan pemecahan rekor MURI di Lapas yang dilaksanakan Kemenkumham serentak digelar di seluruh Indonesia.

Sesuai tema “Pemasyarakatan Pasti Smart Untuk Indonesia Hebatā€™ dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekan RI ke-71 tersebut, kita sukseskan gerakan kerja nyata demi mewujudkan PASTI profesional, akuntabel, bersinergi, transparan dan inovatif sebagai budaya kerja di lingkungan Kemenkumham.

“Kita sebagai peserta pendukung pemecahan rekor ini kita melibatkan seluruh warga binaan dan petugas lapas untuk ikut bernyanyi. Karena bagaimanapun para warga binaan ini layak dan pantas untuk ikut memeriahkan hari kemerdekaan,”ujar Suharman.

Kalapas mengatakan, dengan gerakan secara nasional ini dapat membangun motivasi para petugas serta warga binaan di lapas maupun rutan, dan bisa memperkuat prinsip perekat pelayanan publik dan administrator pemerintahan yang melibatkan semua komponen nasional.

Ia berharap, harmoni gerak dan langkah nasional dapat juga menggelorakan semangat HUT RI ke-71 ini dengan mengisi kegiatan-kegiatan yang besar, kegiatan-kegiatan yang bisa di kenang generasi-generasi berikutnya.

Sementara Fitri yang menjadi salah satu peserta paduan suara Hari Merdeka mengaku senang bisa merasakan kemeriahan kemerdekaan RI ke-71, meski dirinya berada di dalam tahanann Lapas.

“Sekalipun kita berada di dalam, saya senang kalapas Bogor tidak menghilangkan kemeriahan HUT RI. Ini merupakan momen yang menyenangkan dan dengan sukacita bisa dilakukan bersama sama dengan warga binaan yang lain,” ungkap Fitri.

Pada momen hari besar HUT RI ke-71 Lapas Klas IIA Bogor juga menggelar berbagai macam perlombaan dan olahraga yang puncaknya sampai tanggal 17 Agustus.

Disamping itu, tepat pada 17 Agustus nanti, kalapas beserta walikota dan unsur muspida akan memberikan remisi kepada warga binaan yang jumlahnya akan diumumkan nanti. (ndy/dan)