Hallobogor.com, Bogor– Empat biduan cantik hibur ratusan nara pidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A, Paledang, Kota Bogor, dalam rangka memperingati puncak HUT Bhakti Pemasyarakatan ke-52, Rabu (27/04/2016).

Dangdutan yang dimulai sekira pukul 14:00 WIB siang sampai dengan sore menjelang magrib, tampak semakin meriah, terlebih keempat biduan berhasil hipnotis pata napi saat bergoyang berlenggak lenggok diatas panggung. Bahkan sesekali mengajak para napi berjoget diatas panggung, dan meminta para napi memberi saweran.

Suasana penuh akrab dan kebersamaan diantara petugas dan warga binaan Lapas pun kian terlihat. Ketika petugas dibantu MC dari warga binaan meminta seluruh napi di masing masing blok untuk berbaur, baik napi laki- laki maupun perempuan.

Kendati dangdutan sedikit terkendala karena hujan deras disertai petir, namun kegiatan yang di gagas Kalapas Kelas II-A, Paledang Kota Bogor tetap berlangsung meriah. Tak sedikit para napi berjoget ria ditengah lapang bersama para petugas Lapas, bahkan Kalapas Suharman pun terbawa hanyut dalam alunan musik dangdut iringan Organ Tunggal (OT), asal Ciawi Bogor tersebut.

“Hari ini adalah acara ulang tahun Bhakti Pemasyarakatan ke -52, jadi bagi seluruh warga binaan napi semua mari kita hiburan bersama. Hiburan ini milik kalian. Mari berjoget bersama, berbaur bersama,” kata Kalapas Suharman diatas panggung, kepada warga binaan.

“Semua napi sependapat, bahwa selama hiburan berlangsung jangan sampai membuat masalah atau membuat rusuh. Saya tegaskan semua petugas dan juga kepala keamanan kamar sudah saya koordinasikan, agar acara hiburan berjalan dengan yang diharapkan, lancar, kondusif dan sukses. Dan hiburan ini bisa membawa warga binaan lebih berbaur dan penuh keakraban,”tambah Suharman.

Terlihat dilokasi hampir semua warga binaan antusias menyaksikan hiburan tersebut, betapa tidak, hibur seperti dangdut dimata mereka sudah jarang ditemukan, terlwbih selama berada di dalam lapas.

“Sangat senang ada hiburan ini. Saya pun sangat bangga dengan Kalapas yang dipimpin Pak Suharman, hampir semuanya menyukai beliau. Beliau itu pemimpin yang bijaksana dalam mendidik warga binaan, bahkan bekliau peduli da perhatian sama warganya disini. Banyak kegiatan di lapas yang diadakan sesuai program dan moment, salah satunya hiburan ini organ tunggal, paling tidak Bapak kita ini sudah memfasilitasi, tujuannya agar semua berbaur dan akrab penuh kebersamaan,” ungkap salah seorang Napi kasus Narkoba yang juga sebagai Kepala Keamanan Kamar Angga Grek.

Patut diketahui, keberadaan Kalapas Suharman membawa suasana dan warna paling berbeda bagi warga binaan. Maka tak jarang seluruh warga binaan Lapas Kelas II-A, Paledang Kota Bogor mengaku bangga dengan kepemimpinan Kalapas Suharman selama ini, dibandingkan dengan kepala Lapas sebelumnya. (dan).