Hallobogor.com, Caringin – Ratusan warga Desa Ciderum dan Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, antre untuk mendapatkan air bersih yang dikucurkan melalui truk tangki air bantuan dari PT Tirta Investama, pabrik Aqua Ciherang, Kamis (3/9).

Warga yang didominasi ibu-ibu rumah tangga itu berduyun-duyun membawa ember, galon, dan jerigen. Wajah mereka nampak sumringah lantaran merasa terbantu dalam meringankan kebutuhan air bersih untuk minum, mandi, dan mencuci.

Bantuan air bersih tersebut sudah lama dinantikan warga dua desa, sebab musim kemarau yang sudah lebih dari empat bulan ini menyebabkan kekeringan; sumur-sumur warga tak lagi berair, debit mata air berkurang drastis, hingga lahan pertanian retak-retak tak teraliri air.



Pantauan Hallobogor.com di RW 02 dan 08 Kampung Ciletuh Desa Ciderum misalnya, sejak Kamis pagi hingga petang, sedikitnya sudah 12 tangki air yang disalurkan ke masyarakat, di mana kapasitas per tangki sekitar 8.000 liter.

Meski sudah puluhan ribu liter air didistribusikan, ternyata masih banyak warga yang belum mendapatkan giliran. Rencananya mulai Jumat pagi (4/9) Aqua akan kembali menyalurkan bantuannya.

“Alhamdulillah bisa membantu, sebab selama kekeringan kami memanfaatkan air MCK atau terpaksa mengambil air bersih ke desa tetangga, Pancawati, padahal jaraknya lima kilometer dan harus menggunakan motor. Kami berharap bantuan air dari Aqua ini rutin selama kekeringan,” ungkap Ny. Esih, warga Kampung Ciletuh RT 05/08.

Ketua BPD Ciderum, Didin Subandi, berharap bantuan air bersih ini rutin dilakukan Aqua. “Kami harapkan satu minggu sekali terus dilakukan. Kami kasihan warga di mana-mana sedang kesulitan air bersih.

Kami juga atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada PT Tirta Investama atas kepeduliannya membantu kebutuhan warga akan air bersih,” ungkapnya.

Sebelumnya, Humas PT Tirta Investama pabrik Ciherang, Heri Yunarso, mengatakan, bantuan air bersih dari Aqua untuk warga sekitar pabrik merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab dan kepedulian Aqua terhadap masyarakat.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan meringankan kebutuhan masyarakat akan air bersih. Bagi masyarakat bisa mengajukan bantuan melalui BPD dan Pemerintah Desa,” katanya.(cep)