Hallobogor.com, Caringin – Warga Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, tengah melaksanakan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Sesuai pantauan, realisasi bantuan RTLH tahap II tahun 2017 untuk 50 unit ini sudah mencapai rata-rata 80 persen.

“Bantuan RTLH Rp10 juta per unit ini sudah didistribusikan sejak pertengahan bulan November 2017. Warga penerima manfaat sedang melaksanakan perbaikan secara swadaya, bahkan sudah ada yang rampung. Rata-rata secara keseluruhan sudah rampung mencapai 80 persen,” kata Kepala Desa Pancawati, H Iqbal Jayadi.

H. Iqbal Jayadi menjelaskan, untuk tahun anggaran berikutnya tahun 2018 di Pancawati masih ada sekitar 300-an unit rumah warga yang masih perlu diperbaiki. “Data yang sudah masuk sampai saat ini sudah 270 unit. Ini nanti kami ajukan untuk bantuan tahun 2018. Informasinya, 2018 tahun terakhir program RTLH,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Program RTLH Desa Pancawati, Mada, menambahkan, sesuai dengan mekanisme bantuan yang diberikan kepada warga berupa barang senilai Rp10 juta. 

“Bahan material atau bahan bangunan yang diberikan dilakukan 3 termin. Setelah termin pertama dibangunkan, nanti dikirim lagi oleh TPK, begitu seterusnya. Yang diberikan cash hanya berupa upah kerja saja,” ujarnya.

Mada menegaskan, hal tersebut perlu dijelaskan lantaran masih ada saja warga yang tak sabar dan meminta dikirim material secara sekaligus. “Sesuai aturan harus bertahap, per termin. Sebelumnya, para penerima dikumpulkan dan diberikan sosialisasi,” tandasnya. (cep)