Hallobogor.com, Cibinong – KPU Kabupaten Bogor telah mengukuhkan 55 orang Relawan Demokrasi di Aula Gedung KPU Kabupaten Bogor, Selasa 22 Januari 2019. Relawan yang didominasi generasi milenial ini bekerja pada 11 basis yang telah ditentukan, sejak pertengahan Januari hingga pertengahan April 2019.

“Mereka ditugaskan untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Bogor khusus pada basis yang telah ditentukan berdasarkan juknis dari KPU RI. Selain itu, relawan demokrasi juga ditugaskan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada penyelenggara pemilu,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Herry Setiawan, Rabu (23/1/2019).

11 basis kerja relawan demokrasi tersebut adalah keagamaan, pemilih pemula, pemilih muda, warga internet, komunitas, keluarga, perempuan, berkebutuhan khusus, penyandang disabilitas, marginal dan relawan demokrasi. Para relawan ini dibekali kode etik berupa imparsialitas, independen, dan non partisan, bertindak santun, menghormati adat budaya setempat, tidak bertindak diskriminatif, dan tidak menerima imbalan dalam bentuk apapun.

“Kami berharap, relawan ini mampu menumbuhkan kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan begitu mereka dapat menjadi penggerak masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilih mereka,” tandas Herry yang juga mantan jurnalis.

Salah satu relawan demokrasi yang mendapat tugas di basis warga internet, Luthfi mengatakan, dirinya siap memerangi kabar bohong (hoax) di media sosial dengan memperbanyak materi kepemiluan yang bernilai positif ke masyarakat. “Follower di instagram saya ada 2.000 lebih, ini akan saya manfaatkan untuk memerangi kabar bohong dan membumihanguskan hoax khususnya dalam tahapan pemilu 2019,” kata Luthfi kepada wartawan. (cep)