Hallobogor.com, Megamendung – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memilih bupati dan wakil bupati Bogor setahun ke depan, aksi-aksi maupun manuver politik makin gencar. Sejumlah deklarasi untuk mendukung kemenangan kandidat pun terus digeber.

Bahkan, bentuk dukungan terhadap Ade Ruhandi alias Jaro Ade cukup unik. Sebab, kalangan masyarakat akar rumput (grass root) mulai merapatkan barisan dan siap mendukung Jaro Ade menjadi bupati Bogor. Mereka berhimpun dalam wadah Relawan Jaro Ade yang disingkat RAJA.

“RAJA adalah kumpulan masyarakat dari berbagai kalangan dan profesi serta bergerak di luar partai politik yang ada. Sistem kerja kami adalah relawan yang bekerja secara militan tanpa dorongan dari siapa pun atau diminta oleh Jaro Ade. Ini murni inisiatif masyarakat yang ingin ada perubahan baru di Kabupaten Bogor yang lebih baik. Kami bergabung dan bergerak atas dasar suka dan cinta terhadap Jaro Ade agar menjadi bupati Bogor tahun 2018 mendatang,” ungkap Ketua RAJA, Imam Wijaya, SH.

Imam mengemukakan, saat ini struktur kepengurusan RAJA sedang digodog. “RAJA akan segera mendeklarasikan diri bulan April depan,” tegasnya.

Bagaimana dengan Sahabat Jaro Ade atau SAHAJA? Imam mengatakan bahwa SAHAJA adalah salah satu bentuk komunitas pendukung. “SAHAJA memang lebih dulu ada namun orang-orangnya lebih kepada tataran elite,” ungkapnya.

Dengan munculnya RAJA selain SAHAJA, kata Imam, tentu menambah kekuatan dukungan untuk Jaro Ade agar menjadi bupati Bogor. “Dengan hadirnya RAJA, kekuatan Jaro Ade makin mengakar. Bahkan menurut saya, RAJA itu sifatnya mengusung, bukan lagi mendukung,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya, bahwa selama ini nama Jaro Ade sudah banyak dikenal oleh masyarakat Bogor baik di tataran elite maupun di akar rumput. “Maka hadirnya RAJA dimaksudkan untuk mengikat dukungan kepada Jaro Ade,” sebutnya.

Sementara itu, Hendi, salah seorang tokoh pemuda di kawasan Puncak, menambahkan, RAJA terbentuk secara militan dan simpatisan calon bupati yang akan dijagokannya. “Kami yang tergabung di Relawan Jaro Ade atau RSJA, murni akan memberikan dukungan sebagaimana yang akan dilakukan oleh SAHAJA. RAJA bersama SAHAJA terus bekerja memperkuat kantong-kantong suara untuk menghadapi Pilkada nanti,” katanya. (dang/wan)