Hallobogor.com, Kabupaten – Relawan Telematika Bogor dan International ICT Polentir korea, sambangi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Kamis (23/07). Untuk berbagi ilmu mengenai teknologi informatika modern dengan tujuan meningkatkan sistem teknologi informasi yang bisa diterapkan di Kabupaten Bogor.

Koordinator relawan telematika Indonesia, Hani Purnawanti mengatakan tujuan kunjungan para relawan telematika dari Korea Selatan  adalah untuk mengimplementasikan konsep dan program informasi yang ada di Korea Selatan untuk dapat diterapkan di Indonesia khususnya di Kabupaten Bogor.

“Teknologi yang bisa diterapkan di Kabupaten Bogor salah satunya CCTV Jalan, mengingat dengan besarnya wilayah Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduk yang tinggi. Teknologi ini bisa bermanfaat untuk memantau sejumlah wilayah yang besar dengan sistem komputerisasi, selain bisa mengefisien waktu juga bisa mendukung proyek pembangunan Pemerintah Kabupaten Bogor,” terang Hani.

Selain itu, International ICT Polentir Korea, Hans menerangkan, kegiatan mereka tidak hanya dilakukan ke Pemerintah Kabupaten dan Kota Bogor saja. Akan tetapi edukasi go to school mengenai teknologi informasi dan telematika juga dilakukan kesejumlah sekolah mulai dari tingkat SMP,SMA hingga perguruan tinggi yang ada di Bogor. Mereka juga tidak hanya berbagi ilmu tetapi berbagi pengetahuan tentang budaya dan makanan tradisional yang ada di Korea.

“Kami diberikan waktu dua bulan, sangat berkesan bisa menjadi relawan di Indonesia khususnya di Bogor, sebetulnya kami mendapat tawaran  dari negara vietnam, kamboja dan lainnya. Tapi kami memilih Indonesia, karena potensinya sangat besar juga perkembangannya cukup baik dari waktu ke waktu. Kami juga bisa menjalin relasi dengan para mahasiswa dan pelajar Bogor, dan bisa mengenal budaya lebih dalam salah satunya tradisi lebaran membuat ketupat dan membuat bedug untuk takbiran,” ujar Hans.

Sementara itu, Kepala Bidang Teknologi Informasi Ernaningsih menuturkan, ia sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para relawan telematika selain bisa saling tukar informasi. Ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengembangkan teknologi informasi yang lebih baik lagi di Kabupaten Bogor. Tentunya untuk memberikan pelayanan informasi yang prima bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

“Semoga program yang diterapkan oleh para relawan bisa berguna bagi Kabupaten Bogor, serta pendidikan yang diberikan para relawan kepada para siswa disejumlah sekolah dan  instansi pemerintahan baik Kota dan Kabupaten Bogor bisa memberikan kontribusi yang baik untuk pembangunan daerah dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat,” tandas Erna.

Dalam kesempatan tersebut mereka juga melakukan on air di Radio Tegar Beriman, dan Live di Televisi Tegar Beriman serta mengunjungi seluruh bidang yang ada di Diskominfo Kabupaten Bogor. (Kab)