Hallobogor.com, Cibinong – Restoran cepat saji Richeese Factory yang berdiri tepat disamping traffic light perempatan Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, ditengarai belum memiliki perizinan lengkap. Salah satunya rekomendasi analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) Lalu Lintas (Lalin) dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor. 

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bogor, Akhmad Wahyu Hidayat, yang dikonfirmasi mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum pernah menerima berkas pengajuan rekomendasi Amdal Lalin untuk restoran Richeese tersebut. 

“Belum ada, kami belum pernah mengeluarkan rekomendasi Amda Lalin untuk restoran Richeese tersebut, karena permohonan saja belum pernah,” kata Akhmad kepada Hallobogor, Selasa (5/11/2017).

Informasi yang diperoleh, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor juga belum mengeluarkan dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL). 

Sementara itu, bagian perizinan Richeese Factory Cibinong, Samosir, yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah menempuh perizinan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kamk lengkap semua kok perizinannya, legalitasnya semua ada, termasuk IMB nya juga ada,” kata Samosir. 

Ia menambahkan, bahwa pihaknya menjalankan usaha tersebut tidaklah main-main, sehingga tidak mungkin belum melengkapi perizinan. “Kami lengkap semua, dan kami tidak main-main, ya mana mungkin berani buka kalau tidak ada izinnya,” kilahnya. (yad)