Hallobogor.com, Jakarta – Yakiniku, atau masakan daging panggang khas Jepang, seringkali identik dengan hidangan mahal dan lebih lazim dinikmati beramai-ramai dalam kesempatan istimewa.

Anggapan itu lantas diubah restoran Yakiniku Like dari Tokyo yang menawarkan harga relatif terjangkau dibandingkan restoran serupa asal Negeri Sakura.

Restoran yang membuka cabang pertama di pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta, Indonesia, itu menawarkan satu paket makanan yang meliputi nasi, daging, sup, kimchi atau salad, dan minuman dengan banderol harga Rp50 ribu.



“Di Jepang, kami menyediakan meja untuk orang-orang yang makan sendirian,” ujar Perwakilan Pemasaran Yakiniku Like Yu Kato di Jakarta, Selasa, yang menambahkan yakiniku biasanya disantap secara berkelompok.

Setiap meja dalam restoran itu dilengkapi dengan panggangan kecil sehingga pengunjung dapat memasak secara langsung aneka daging yang dipesan sesuai selera.

Yu Kato mengatakan pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan baju mereka akan berbau asap ketika memasak daging sebab panggangannya sudah bebas asap.

Yakiniku Like pun menawarkan sejumlah paket makanan dan semua daging dalam paket itu berasal dari sapi Australia dan Amerika Serikat.

Pengunjung bisa memesan paket set Karubi (kalbi) alias daging iga tanpa tulang yang diiris tipis hingga set Chicken Sambal berupa daging ayam dilapisi sambal geprek khusus untuk pencinta pedas.

Sajian ayam pedas itu dibuat khusus bagi konsumen di Indonesia yang hampir tidak lepas dari sambal setiap makan. Penyesuaian untuk pasar di Indonesia itu juga terlihat dari sambal yang tersedia di setiap meja.

Pengunjung juga bisa menyantap lezatnya harami yakni daging lunak dari dinding dalam perut sapi, sukiyaki dengan telur setengah matang, lidah sapi yang dipadu dengan sambal matah, hingga daging wagyu.

Setelah dipanggang, daging yang sudah matang semakin lezat jika dinikmati dengan tiga macam saus yang disediakan: soyu Jepang yang manis, saus bawah putih yang gurih, atau saus miso yang sedikit pedas namun lezat.

Yu Kato membagikan satu kiat saat memanggang daging jika Anda ingin merasakan daging yang lebih lezat.

“Jangan sering dibolak-balik, cukup dibalik sekali untuk memastikan dua sisi matang,” ujarnya.

Bila terlalu sering dibalik, cairan “juicy” dalam daging akan habis sehingga daging menjadi keras.

Di negara asalnya, Yakiniku Like punya lima cabang yaitu di Shinbashi, Shinjuku, Shibuya, Yokohama dan Matsudo sebelum membuka cabang di Taiwan. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (nan)