Hallobogor.com, Bogor – Sebanyak 2000 pencari kerja dari berbagai wilayah di Bogor memadati arena pameran bursa kerja yang digelar Universitas Pakuan (Unpak) Bogor bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bogor.

Tidak kurang dari 30 stand perusahan yang turut meramaikan pameran bursa kerja, berasal dari Jakarta, Bogor, Tanggerang dan Bekasi.

Mengambil tema “Mempersiapkan Angkatan Kerja untuk Menyongsong Diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) 2015.” Job fair diselengarakan di Kampus Unpak Bogor, tepat di Gedung Dr Mashudi selama dua hari, dimulai hari Jumat kemarin, hingga 7 November 2015.

Ketua Kantor Pusat Pengembangan Karir (KP2K) yang juga Dosen Fakultas Ekonomi, Ading Fadhil mengatakan, job fair diselenggarakan Unpak Bogor ini bertujuan untuk menyerap para pencari kerja. Untuk tahun ini, para pencari kerja di Bogor sangat antusias. Setiap tahunnya, menurut Ading job fair selalu meningkat. “Ini bursa kerja yang dilaksanakan Unpak Bogor sudah kali keempat. Terlihat antusias para pencari kerja cukup besar di tahun ini,” jelas Ading, kepada Hallobogor.com, Sabtu (7/11).

Ketua KNPI Kota Bogor, Hasbulloh SE, mengapresiasi langkah Unpak Bogor untuk menyiapkan generasi muda, baik keilmuan juga kemampuan yang dimilikinya. Langkah seperti ini, menurut Hasbulloh, layak dilakukan di kampus-kampus lainnya.

Dikatakannya, Unpak Bogor salah satu kampus terbesar di Bogor dengan 16 ribu mahasiswa, merupakan langkah tepat untuk memperkenalkan peluang kerja maupun usaha. “KNPI Kota Bogor, mendukung penuh langkah program job fair Unpak Bogor. KNPI memberikan beberapa macam informasi, baik dari organisasi kepemudaan, mahasiswa, dan jaringan KNPI yang ada di Kota Bogor.” Ujar Hasbulloh.

Program job fair ini, lanjut Hasbulloh, bisa dijalankan job fair berskala besar. Untuk meningkatkan bursa kerja kedepan. KNPI Kota Bogor berencana akan melakukan terobosan bukan hanya berskala Jabodetabek, tetapi tingkat Jawa Barat. “Mudah-mudahan tahun 2016 kedepan acara job fair ini bisa lebih besar, bersekala Jabar. Tentu nantinya bisa dilirik oleh kementrian ketenagakerjaan,” jelasnya.

Sementara, dilokasi job fair terlihat puluhan stan pameran bursa kerja dipadati ribuan para pencari kerja. Ditahun ini ada yang berbeda, dimana panitia penyelenggara job fair menyediakan ruang konsultasi kerja yang dilakukan oleh beberapa dosen di Unpak Bogor. Isi daripada konsultasi tersebut, para dosen memberikan tips lolos dalam wawancara dan juga konsultasi test psikotes yang baik dan benar. (dani)