Hallobogor.com, Bogor – Ribuan sopir angkot se-Kabupaten Bogor yang tergabung dalam komunitas Zalinan Erat di Antara Pengemudi (Zedap) merayakan hari jadinya yang ke-26, di Puri Mandiri, Jalan Cikopo Selatan, Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Selasa (27/2/2018). Mereka sekaligus mendeklarasikan diri mendukungan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bogor nomor urut 3 Ade Ruhandi (Jaro Ade) – Ingrid Kansil.

Deklarasi ini dihadiri oleh 2.000-an anggota Zedap. Sedangkan anggota keseluruhan Zedap sendiri mencapai 4.000-an orang yang bekerja sebagai sopir angkot di 26 jalur (trayek) se-Kabupaten Bogor.

Sekretaris Zedap, Marja, mengatakan, keluarga besar Zedap telah berkomitmen untuk membangun Kabupaten Bogor bersama Jaro Ade – Ingrid Kansil (JADI).



“Komitmen mendukung Jaro Ade menjadi Bupati Bogor ini telah kami tuangkan dalam surat deklarasi yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris Zedap,” katanya.

Marja menjelaskan, para sopir angkot di Kabupaten Bogor ini tidak sembarangan menyatakan dukungannya. Mereka telah memperhatikan sosok Jaro Ade yang merakyat serta yakin mampu memimpin Kabupaten Bogor ke arah yang lebih baik. “Karena itu, kami pun menitipkan harapan, agar para sopir angkot ini diperhatikan oleh Pemkab Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, Jaro Ade mengungkapkan, rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh keluarga besar Zedap.

”Saya yakin, dengan komitmen yang ditandatangani ini adalah tandatangan sejarah Zedap siap membangun Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Jaro Ade pun siap menerima saran, dan masukan dari keluarga besar Zedap untuk menyelesaikan persoalan-persoalan angkutan umum di Bumi Tegar Beriman.

“Mengenai pengaturan trayek, saya akan meminta saran dari Zedap, agar tidak ada kesenjangan di bawah,” tuturnya.

Menurutnya, para sopir angkot ini telah memberikan kontribusi riil terhadap pembangunan di Kabupaten Bogor dan bangsa Indonesia.

“Banyak para pejabat, pengusaha, dan yang lainnya, ketika bersekolah, ataupun kuliah diantar oleh sopir angkot. Ini merupakan kontribusi riil yang jarang disadari,” paparnya.

Ia berharap, ke depan sinergitas antara para sopir angkot, serte elemen masyarakat lainnya dapat terbangun, dan terjalin baik dengan Pemkab Bogor.

Ketua panitia penyelenggara, Adam, menambahkan, antusiasme anggota Zedap ini karena ingin langsung bertatap muka dengan calon pemimpinnya Jaro Ade yang sedang menjadi buah bibir di Kabupaten Bogor.

“Setiap tahun kami selalu menggelar acara ualang tahun komunitas kami dengan beda-beda tempat dan beda tema acara. Kali ini Ranting Cisarua yang mengadakan selaku tuan rumah dan sengaja mengundang balon Bupati Bogor Jaro Ade untuk lebih kenal ketika bisa bertemu langsung seperti ini,” ujar Adam.

Kominitas Zedap ini, kata Adam, sebenarnya bukan hanya sopir angkot. “Tapi telah banyak bergabung seperti sopir angkutan air curah, bahkan saat ini angkutan online pun ada yang bergabung sebanyak 100 unit kendaraaan,” pungkasnya. (wan/cep)