Hallobogor.com, Bogor – Ribuan masyarakat yang didominasi warga dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 selatan Kabupaten Bogor mendeklarasikan Relawan Jaro Ade (RAJA). Deklarasi masyarakat arus bawah ini bertempat di Puri Mandiri, Jalan Cikopo Selatan, Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Jumat (5/5/2017).

Selain dihadiri pengurus dan simpatisan RAJA dari tujuh kecamatan dan setiap desa, deklarasi ini dihadiri langsung calon Bupati Bogor dari Partai Golkar dan PAN Ade Ruhandi alias Jaro Ade, para Kepala Desa, pembina RAJA Bunda Lily dan Fajar Setiawan, pengurus Partai Golkar dan PAN, serta tokoh masyarakat.

Ketua RAJA, Imam Wijaya, mengemukakan, RAJA adalah suatu pergerakan komunitas relawan yang muncul dari arus bawah secara sukarela. Tanpa paksaan atau intervensi, tanpa pengkondisian, dan tanpa iming-iming dan sejenisnya.

“Jajaran pengurus, anggota, dan simpatisan RAJA berasal dari semua golongan, jalangan, profesi, serta dari berbagai partai politik. Relawan-relawan RAJA punya satu tujuan, yaitu mengusung figur Jaro Ade menjadi Bupati Bogor,” ungkapnya.

Acara deklarasi ini cukup unik. Pasalnya, sebelum dikukuhkan dan diterima oleh Jaro Ade, para pengurus RAJA dari tujuh kecamatan melakukan testimoni tentang segala persoalan di wilayahnya masing-masing serta sangat menaruh harapan besar kepada Jaro Ade dapat mengambil solusi jika terpilih jadi Bupati Bogor. Mereka juga menyatakan komitmennya melalui petisi yang siap berjuang untuk Jaro Ade tanpa pamrih.

Menyaksikan sambutan, antusias, dan komitmen masyarakat yang tergabung dalam RAJA itu, Jaro Ade pun meneteskan air mata lantaran sangat terharu. Maka, meski diberi tempat khusus untuk sambutan Jaro Ade lebih memilih sambutan sambil berdiri di tengah-tengah relawan.

“Saya sangat terharu dengan penyampaian komitmen RAJA. Ini benar-benar lahir dari bawah. Tak sepeser pun saya mengeluarkan biaya untuk acara ini. Bahkan saya dua hari lalu baru dikabari ada acara ini. Selama ini banyak organisasi yang lahir memang sengaja dibentuk. Tapi RAJA swadaya, ikhlas, gotong royong. Makanya saya tak mau didukung RAJA, tapi RAJA adalah bagian dari pengusung saya,” ungkapnya.

Jaro Ade selanjutnya meminta RAJA agar terus berkomitmen terhadap masyarakat serta menjaga situasi dan kondisi tetap kondusif. “Aspirasi RAJA akan diramu di tingkat Kabupaten Bogor, dikaji hadirkan akademisi. Saya titip amanat, RAJA harus menghormati dan mendukung kegiatan ulama, kiai, dan habaib. Dukung juga program pemerintah yang berpihak kepada rakyat. Selesaikan PR yg belum terselesaikan oleh pemerintah,”┬ákata Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini. (cep/wan/dang)