Hallobogor.com, Bogor – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil (RK), Senin (16/4/2018), blusukan di Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor. RK blusukan untuk mendengarkan masukan dan keluh kesah pedagang.

Pria yang disapa Kang Emil ini dikenal sukses mengangkat Bandung menjadi Kota yang nyaman untuk berbelanja. Maka diharapkan dapat menularkan hal tersebut ke Kota Bogor jika dia menjadi Gubernur Jawa Barat nanti, karena banyak pasar di Bogor yang memiliki potensi untuk menjadi jantung ekonomi di Jawa Barat.

Menurut Kang Emil, pasar adalah tempat yang penting karena merupakan mesin ekonomi di mana terjadinya proses jual beli antara penjual dan pembeli, tetapi karena kemajuan teknologi sekarang transaksi bisa terjadi di mana saja melalui e-Commerce.

“Sekarang kita harus kreatif karena semua orang juga boleh dagang online, kalau dagang online saran saya para pedagang di sini memiliki dua jenis usaha, ada yang toko dan ada yang online juga, kenapa? karena pembeli ada dua jenis, ada yang mau datang ke toko dan ada yang males ke toko tapi dua – duanya mau beli barang,” ungkapnya. 

Bagi pedagang yang memiliki toko maka kenyamanan, kebersihan, dan keamanan menjadi prioritas sehingga pembeli merasa puas dalam berbelanja. Sedangkan untuk pedagang online maka akan diberikan pelatihan karena Kang Emil memiliki program untuk membuat Jawa Barat sebagai Digital City.

“Pertama pasar harus bersih, tidak jorok, yang kedua kenyamanan datang dari kelancaran, maka kalo tadi masalah infrastruktur bikin tidak lancar berarti itu tugas pemerintah, nanti saya akan koordinasikan infrastruktur akan saya maksimalkan. Saya juga memiliki program membuat Jawa Barat menjadi Digital City dimana para pedagang sayuran atau buah bisa langsung menjual hasil tanamannya kepada para pembeli sehingga yang untung bukan para tengkulaknya lagi seperti yang sudah ada di Bandung,” jelasnya.

Kang Emil juga mendoakan agar para pedagang di Pasar Kebon Kembang yang dulunya memiliki nama Pasar Anyar agar dijauhkan dari musibah seperti kebakaran dan dilancarkan rezekinya.(dns)