Hallobogor.com, Cileungsi – Bogor sebagai daerah penyangga Ibukota Jakarta memiliki banyak keistimewaan yang luar biasa, terutama sektor pariwisata. Salah satu daerah yang menjadi sentral pariwisata adalah wilayah Bogor Timur, terdiri dari tujuh kecamatan di antaranya Jonggol, Cileungsi, Klapanunggal, Cariu, Tanjungsari, Gunungputri, dan Kecamatan Sukamakmur.

Ringgi Zaeni Ikbal, tokoh muda Kabupaten Bogor, memberikan pemaparan bahwa sebagai putra asli daerah Bogor Timur, dirinya terus berupaya agar selalu dapat melakukan yang terbaik bagi daerahnya, dengan terus membangun rasa kebersamaan bersama masyarakat setempat untuk membangun Bogor Timur menjadi kawasan pariwisata.

“Penguatan program pariwisata rasanya tepat untuk menjadikan daerah Bogor Timur sebagai destinasi tujuan liburan para pelancong domestik bahkan kelak para pelancong mancanegara,” tutur Pria berusia 30 tahun ini.

Bogor memiliki banyak sekali tempat pariwisata, di antaranya Danau Rawa Gede yang terletak di Desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur, Kawasan Wisata Gunung Batu di Desa Sukaharja Kecamatan Sukamakmur, Rumah Pohon di Desa Wargajaya Kecamatan Sukamakmur, Curug Cibeureum di Desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur, dan masih banyak lagi yang lainnya. “Anda tidak akan kuatir mengenai harga untuk menikmati tempat pariwisata tersebut, karena untuk menikmati dan masuk ke tempat-tempat di atas berkisar dari 15 ribu rupiah sampai dengan 35 ribu rupiah per orang,” ungkapnya.

Suami dari Ismawati ini menambahkan bahwa dengan banyaknya pelancong yang datang ke tempat-tempat wisata di Bogor Timur ini, tentunya akan mendorong laju ekonomi kreatif bagi warga setempat. Bagi pelancong yang berwisata pun dapat membawa pulang oleh-oleh hasil dari pertanian warga mulai dari hasil buah-buahan, sayur mayur dan hasil dari UMKM lainnya karya warga setempat.

Ketika ditanya bantuan maupun perhatian dan keterlibatan Pemerintah Kabupaten Bogor, Ringgi menyatakan belum ada perhatian khusus dari Pemerintah. Padahal bila dikaji kembali, dengan kerja sama Pemkab Bogor pasti dapat membantu naiknya pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di daerah Bogor Timur ini.

“Besar Harapan ke depan tentunya sebagai putra asli daerah Bogor Timur, saya sangat berusaha untuk terus memajukan sektor pariwisata di kawasan Bogor Timur ini untuk skala nasional bahkan kelak menjadi tempat wisata skala internasional. Dengan kebersamaan kita semua, pasti itu semua dapat kita capai. Bismillah,” pungkas pria yang juga Pimpinan Majelis Taklim Al-Amaliyah ini. (win)