Konsultasi Remaja, bersama Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Bogor

PERTANYAAN :
Aku cewek 17 tahun dari Megamendung. aku punya temen satu sekolah, cuma dia dipaksa oleh orang tuanya utk nikah. Padahal dia sama sekali tidak mau nikah, karena dia masih belum siap untuk pernikahannya. Terus apa yg hrs saya lakukan ya minimal untuk bantu dia? (Mala, Megamendung)

JAWABAN :
Halo Mala! Dalam kasus ini, kamu dan teman kamu telah sepakat bahwa pernikahan adalah hal yang wajib dipersiapkan secara matang. Menurut peraturan pemerintah pun, minimal usia pernikahan utk perempuan adalah 21 tahun dan laki-laki 25 tahun.

Ada baiknya kamu bantu teman kamu untuk memberikan masukan kepada orang tuanya bahwa pernikahan dini/yang belum siap memiliki dampak yang tidak baik bagi psikologis, ekonomi, dan pastinya organ reproduksi.

Namun apabila pernikahannya mutlak harus dilakukan (biasanya karena dorongan faktor ekonomi), maka beri saran kepada mereka agar menunda masa kehamilannya (wanita diumur 21tahun). Semoga bermanfaat :)

Rubrik Konsultasi Remaja ini dikelola oleh Hallobogor.com bekerjasama
dengan Duta-Duta GenRe Kota Bogor, yaitu : Joddy Caprinata, Patricia Octalannia, Ilham Arie, Fitri Fauzia, Deo Putera, Retna Mustika, dan Hartadi Anggoro (dari Hallobogor.com)

Bagi remaja Bogor yang ingin berkonsultasi atau ingin menjadi model ilustrasi Konsultasi Remaja ini, silahkan kirimkan Pertanyaan atau hubungi via email : redaksi Hallobogor.com atau sms/wa : 081296677788 (ilustrasi gambar, diperankan oleh model)