Hallobogor.com, Bogor – Sekitar 1.000 pendukung tim sepak bola Persib dari Kabupaten Bogor siap memberikan dukungan dengan mendatangi Gelora Bung Karno (GBK) besok. Polisi pun akan menerapkan sejumlah pengamanan.

Kapolres Kabupaten Bogor Ajun Komisaris Besar Suyudi Ario Seto mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan jika pada Minggu (18/10), sekitar 1.000 orang pendukung Persib asal Kabupaten Bogor akan bergabung bersama bobotoh di GBK untuk menyaksikan final pertandingan Piala Presiden yang mempertemukan Persib dan Sriwijaya FC.

“Informasinya mereka akan berkumpul di satu titik pertemuan di Simpang Ciawi dan menggunakan puluhan bus menuju GBK,” kata Suyudi, Sabtu (17/10).

Suyudi mengatakan, 550 personel polisi juga dilibatkan untuk mengamankan jalur dan beberapa titik daerah terluar Bogor. Pengamanan akan dilakukan, seperti razia benda-benda yang dibawa suporter dan melakukan pengawalan melekat dari berangkat hingga pulang kembali ke Bogor.

“Di dalam setiap bus juga kami ikutsertakan dua polisi agar mengawasi perjalanan para suporter,” ujarnya.

Suyudi meminta agar warga Kabupaten Bogor tidak memaksakan untuk hadir menyaksikan langsung pertandingan. “Lebih baik menyaksikan nonton bersama (nobar) di tempat-tempat representatif atau di rumah juga bisa,” katanya.

Seperti di ketahui, kemarin Polda Jawa Barat mengundang seluruh polres-polres di wilayah Jawa Barat untuk melakukan koordinasi pengamanan jelang dan pascapertandingan Piala Presiden. Setidaknya, ada 5.510 personel polisi disiagakan untuk menjaga keamanan di titik-titik rawan dan melekat personel dengan rombongan bobotoh. Diperkirakan 40.000 bobotoh se-Jawa Barat akan memadati stadion GBK. (rwj/hlb)